blank
Ilustrasi foto Yoyok Sukawi dari Partai Demokrat maju Pilwalkot Semarang. (Foto: Instagram @yoyok_sukawi)

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Anggota Komisi X DPR RI Yoyok Sukawi disebut mengantongi surat tugas dari DPP Partai Demokrat untuk maju ke ajang Pemilihan Walikota (Pilwalkot) Semarang 2024.

Ketua DPC Partai Demokrat Kota Semarang, Wahyoe Winarto membenarkan kabar soal restu dari DPP kepada Yoyok Sukawi maju Pilwalkot Semarang.

“Sekarang surat tugas yang muncul dari DPP yaitu Yoyok Sukawi. Sudah mengantongi surat tugas,” ujarnya di Sekretariat Pilkada Partai Demokrat, Semarang, Senin 6 Mei 2024.

Liluk sapaan akrab Wahyoe Winarto mengatakan, keputusan untuk mengusung Yoyok Sukawi yang juga CEO PSIS itu bukan hal yang mendadak.

Disebutnya, DPC Partai Demokrat Kota Semarang telah berkonsultasi dengan DPD Partai Demokrat Jawa Tengah dan DPP Partai Demokrat untuk melihat kondisi politik di Kota Semarang.

Pertimbanhan lain, kata dia, melihat hasil perolehan suara Yoyok Sukawi dalam pemilihan legislatif (Pileg) 2024.

KoalisiĀ 

Pasca-surat tugas untuk Yoyok Sukawi dari DPP keluar, DPC Partai Demokrat Kota Semarang bakal berkomunikasi ke semua partai untuk membuat koalisi.

Apalagi, kata dia, Partai Demokrat hanya memiliki enam kursi legislatif di DPRD Kota Semarang.

Artinya, begitu penting untuj membentuk koalisi untuk mengusung pasangan calon dalam Pilkada Semarang 2024.

“Kami sadar betul, tidak bisa mengusung sendiri. Kami akan komunikasi dengan semua partai,” katanya Liluk.

Liluk juga mengatakan bahwa pihaknya optimistis untuk memenangkan Yoyok Sukawi di Kota Semarang berdasarkan hasil survei yang telah beredar.

Sejumlah partai pun menyambut positif Yoyok Sukawi maju Pilkada Semarang 2024.

“Kami terbuka, kami komunikasi semua partai walaupun punya kader yang mungkin populer, kami tetap komunikasi semua partai elemen,” katanya.

Dengan keluarnya surat tugas dari DPP untuk Yoyok Sukawi, DPC Partai Demokrat Semarang sudah tidak lagi menjaring calon wali kota Semarang.

DPC Partai Demokrat Kota Semarang hanya membuka pendaftaran untuk calon Wakil Wali Kota Semarang.

Sekretaris DPC Partai Demokrat Kota Semarang, Danur Rispriyanto mengatakan, pendaftaran dilakukan di Sekretariat Pilkada Partai Demokrat, Jalan Kencono Wungu Selatan Nomor 24 A Semarang pada 8-18 Mei 2024.

“Tidak ada kriteria khusus untuk calon Wakil Wali Kota Semarang,” kata dia.

Namun, mencari sosok yang bisa bekerja sama dengan Yoyok Sukawi memenangkan Pilkada Semarang 2024.

Diaz Aza