blank
Komisioner KPU Grobogan, Ngatiman (kemeja hitam) saat melakukan monitoring peserta seleksi tertulis calon anggota PPK di SMKN 1 Purwodadi. Komisioner KPU Grobogan, Ngatiman (kemeja hitam) saat melakukan monitoring peserta seleksi tertulis calon anggota PPK di SMKN 1 Purwodadi. Foto: Tya Wiedya

GROBOGAN (SUARABARU.ID) – Ratusan peserta mengikuti tes seleksi tertulis seleksi penerimaan calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan, yang diselenggarakan KPU Grobogan, di SMKN 1 Purwodadi Senin-Selasa (6-7 Mei 2024).

“Peserta mengikuti seleksi dengan metode CAT (Computer Assisted Test). Di hari pertama, ada 148 peserta yang ikut dalam tes seleksi tertulis metode CAT untuk penerimaan calon anggota PPK,” kata Komisioner KPU Grobogan bidang Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM, Ngatiman.

Di hari pertama seleksi ini, sempat terjadi masalah yakni pada jaringan dari KPU RI. Hal itu berdampak pada pelaksanaan tes tertulis dengan metode CAT sempat terhenti, namun hal ini tidak berlangsung lama.

“Hari pertama ini ada 148 orang yang mengikuti tahapan seleksi tertulis dengan metode CAT untuk penerimaan calon anggota PPK di SMKN 1 Purwodadi,” ujar Ngatiman, saat ditemui di sela-sela pelaksanaan tes.

Terjadi gangguan pada jaringan, Ngatiman berharap pada pelaksanaan tes pada hari kedua nanti berjalan dengan lancar. “Sempat terganggu dan ini menjadi catatan supaya pelaksanaan besok bisa berjalan lancar, sebab ini tesnya ‘kan serentak seluruh Indonesia secara online dan materi soalnya dari KPU RI,” tambah Ngatiman.

Sepuluh Kecamatan

Sebanyak 148 peserta calon PPK yang mengikuti tes CAT di hari pertama ini berasal dari 10 kecamatan, yakni Gabus, Geyer, Karangrayung, Kedungjati, Ngaringan, Wirosari, Pulokulon, Tanggungharjo dan Tegowanu.

“Jumlah pendaftar calon PPK yang lolos seleksi administrasi dan berhak mengikuti seleksi tertulis CAT ini ada 292 pendaftar. Hari pertama ini ada 148 yang ikut, berasal dari Gabus, Geyer, Karangrayung, Kedungjati, Ngaringan, Wirosari, Pulokulon, Tanggungharjo dan Tegowanu,” jelas Ngatiman. Pelaksanaan tes tertulis ini dilaksankaan pukul 13.00 WIB secara serentak di seluruh Indonesia. Sebelumnya, pihak KPU Grobogan telah melaksanakan simulasi dengan peserta didik dari SMKN 1 Purwodadi.

“Di hari kedua nanti, tes tertulis dengan metode CAT ini dilaksanakan pada pukul 10.00 WIB sampai selesai dengan total peserta ada 144 orang dari 9 kecamatan yakni Grobogan, Brati, Klambu, Gubug, Godong, Penawangan, Purwodadi, Toroh dan Tawangharjo,” tambah Ngatiman.

Ngatiman menjelaskan, kebutuhan untuk lolos seleksi tertulis yakni tiga kali kebutuhan, yakni kebutuhan lima orang, maka yang lolos 15 peserta kali 19 kecamatan atau 285 orang.

“Setelah nanti lolos tes tertulis, dilanjutkan tahapan wawancara. Kebutuhan PPK untuk Pilkada 2024 adalah setiap kecamatan lima PPK sehingga dikalikan 19 totalnya 95 anggota PPK,” ujar Ngatiman. Terkait honorarium petugas PPK selama bertugas sampai selesai pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah serta pemilihan Bupati dan Wakil Bupati 2024, berbeda untuk tiap kategorinya.

Untuk Ketua PPK Rp2,5 juta per orang/bulan. Sementara untuk anggota PPK senilai Rp2,2 juta per orang/bulan. Untuk sekretaris mendapatkan honorarium senilai Rp1,8 juta per orang/bulan dan pelaksana atau staf administrasi dan teknis mendapatkan honorarium Rp1,3 juta per orang/bulan.

Tya Wiedya