blank
Panitia Kejuaraan Bulu Tangkis USM Open, yang digelar di Gelora USM Jalan Soekarno-Hatta, Tlogosari, Semarang, Senin-Sabtu (6-11/5/2024), melakukan undian sekaligus technical meeting. Foto: dok/usm

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Sebanyak 530 peserta akan bertanding memperebutkan tempat terhormat, dalam Kejuaraan Bulu Tangkis USM Open, yang digelar di Gelora USM Jalan Soekarno-Hatta, Tlogosari, Semarang, Senin-Sabtu (6-11/5/2024).

Kejuaraan yang digelar rutin setiap tahun itu, mempertandingkan beberapa kelompok usia, mulai dari usia dini sampai remaja, antarpelajar SMA/Sederajat dan antarmahasiswa se-Indonesia.

Ketua Panitia, Muhaimin mengatakan, untuk kelompok usia mempertandingkan kategori Dasar, Madya, dan Utama. Untuk kategori Dasar hanya untuk atlet se-Kota Semarang, sedangkan kategori Madya diikuti atlet se-Jawa Tengah. Adapun kategori Utama terbuka bagi atlet se-Indonesia.

BACA JUGA: Tim PkM Dosen Magister Manajemen USM Beri Penyuluhan Pentingnya Imunisasi

”Bagi Juara I kelompok pelajar SMA, selain mendapatkan hadiah uang pembinaan, medali dan piagam penghargaan, juga berhak atas beasiswa kuliah gratis di Universitas Semarang (USM),” katanya.

Menurutnya, tujuan kejuaraan USM Open ini, untuk menggalakkan pembinaan bulu tangkis khususnya di Jateng. Selain itu juga, sebagai ajang mengasah kemampuan teknik, mental, dan strategi bertanding atlet.

”Pada kesempatan ini, kami juga ingin memperkenalkan Universitas Semarang sekaligus mendekatkan diri dengan masyarakat. USM dengan fasilitas sarana dan parasarana yang cukup bagus, bukan hanya membina atlet berprestasi, tapi siap mencetak lulusan yang berkualitas dan siap bersaing di dunia kerja,” ujarnya.

BACA JUGA: Specta Jateng, Pemprov Jateng Singgung Target 4 Besar PON 2024

Dia menambahkan, visi USM adalah menghasilkan sumber daya insani yang profesional, beradab serta berke-lndonesiaan, dan ipteks yang berdaya guna dan berhasil guna.

Sejalan visi itu, USM membuka jurusan Psikologi, Teknologi Hasil Pertanian, Ilmu Hukum, Perencanaan Wilayah dan Kota, Teknik Elektro, Teknik Sipil, Akuntansi, Manajemen, Teknik Informatika, Sistem Informasi, Ilmu Komunikasi, Magister Hukum, Magister Manajemen, dan Magister Psikologi.

”Universitas Semarang sepenuhnya memberikan ruang berkembang bagi seluruh mahasiswa termasuk mahasiswa penerima beasiswa. Kami berkesempatan untuk mendapat beasiswa lanjutan dari Kementerian Keuangan (LPDP), berupa Beasiswa Pendidikan Indonesia jalur seleksi afirmasi Bidikmisi atau KIP-K,” jelasnya.

BACA JUGA: Atasi Rob,Pemkab Pemalang Anggarkan Rp 15 M

Disebutkan juga, pihaknya menyampaikan apresiasinya atas partispasi para atlet dalam USM Open 2024 kali ini. Dia berharap, melalui kejuaraan USM Open ini, bakal lahir pemain-pemain yang mampu berprestasi di tingkat Nasional dan internasional.

”Kami juga berterima kasih kepada Bank Jateng, Djarum Foundation, dan BRI, yang telah berpartisipasi mendukung kejuaraan bergengsi ini,” ungkapnya.

Riyan