blank
Kadisdikpora Kab.Jepara Ali Hidayat saat memberikan sambutan

JEPARA (SUARABARU.ID) – Masih dalam suasana Idul Fitri, PGRI Kabupaten Jepara menyelenggarakan Halal Bihalal Keluarga Besar PGRI Kabupaten Jepara pada hari Sabtu, 4 Mei 2024 di Gedung PGRI.

Acara ini dihadiri oleh seluruh jajaran kepengurusan dari tingkat kabupaten, cabang/cabang khusus, lembaga, anak lembaga, serta badan khusus, dan perwakilan dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jepara. Hadir juga Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Jepara, Ali Hidayat, S.Pd., M.M.

Dalam sambutannya Ali Hidayat menyampaikan permohanan maaf seluruh pimpinan dan staf di jajaran Disdikpora Kabupaten Jepara jika selama melayani para guru ada khilaf dan salah.

Ia juga menyampaikan apresiasi atas kolaborasi yang baik antara Dinas Pendidikan Kabupaten Jepara dengan PGRI Kabupaten Jepara. “Kolaborasi ini terbukti dengan mulai teratasinya beberapa permasalahan guru, seperti kekurangan guru dan kekosongan kepala sekolah di tingkat SD dan SMP,” ujarnya

Ali Hidayat menjelaskan pada tanggal 2 Mei 2024, sebanyak 103 guru di Jepara telah dilantik dan masih ada 85 sekolah yang akan segera terisi. Sebab ada beberapa aturan terkait pengangkatan kepala sekolah yang harus dipenuhi terlebih dahulu.

Ia berharap agar Dinas Pendidikan dan PGRI terus mengembangkan inovasi untuk meningkatkan profesionalisme dan kompetensi guru di Kabupaten Jepara.

Pada sambutan selanjutnya Ketua PGRI Kabupaten Jepara, Darono Ardi Widodo, S.Pd. Ind, menyampaikan agenda organisasi PGRI ke depan yang padat, termasuk Amanah AD/ART PGRI dan Konferensi Kerja Kabupaten yang akan dilaksanakan bulan depan.

blank
Ketua PGRI Kab. Jepara Darono saat berikan sambutan

“Forum tertinggi organisasi ini akan membahas tentang pertanggungjawaban organisasi, evaluasi, program kerja, dan pernyataan sikap PGRI Kabupaten Jepara,” ujarnya

Darono juga menekankan pentingnya soliditas PGRI dalam menyelesaikan berbagai permasalahan terkait guru dan tenaga kependidikan, serta perekrutan anggota PGRI baru bagi guru PPPK menjadi anggota PGRI.

Ia menegaskan bahwa perekrutan ini harus segera dilaksanakan agar hak dan kewajiban anggota bisa diberikan.

Acara Halal Bihalal ini diisi dengan tausiyah oleh Achmad Badarudin Latif, S.E., M.Si., Guru SMKN 1 Kedung, yang merupakan salah satu peserta seleksi dai-daiyah PGRI Kabupaten Jepara tahun 2024 dalam kompetisi PGRI Provinsi Jawa Tengah.

Dalam tausiyahnya, Achmad Badarudin Latif menyampaikan arti penting silaturahmi dalam kehidupan bermasyarakat dan berorganisasi, sesuai dengan tema Halal Bihalal PGRI. Ia menjelaskan bahwa silaturahmi dapat memperkuat solidaritas PGRI.

blank
Halal bihalal PGRI Kabupaten Jepara

Achmad Badarudin Latif juga menyampaikan makna lain dari Idul Fitri, yaitu mengumandangkan kebesaran Allah SWT dan tiga poin solidaritas: memiliki rasa peka, memiliki rasa empati, dan kasih sayang sesama manusia.

Di akhir acara, seluruh peserta Halal Bihalal melakukan bersalaman (bermusafahah) bersama.

Hadepe – Amaliya – Habib