Waisak
Menjelang perayaan Tri Suci Waisak 23Mei mendatang, sejumlah hotel dan homestay di |Kabupaten Magelang Magelang sudah banyak pemesanan penginapan. Di Grand Artos Hotel Magelang, pemesanan kamar sudah mencapai 100 persen, sedangkan di homestay yang ada di sekitar Candi Borobudur mencapai 80 persen. Foto: (W.Cahyono)

KOTA MUNGKID(SUARABARU.ID) Menjelang perayaan Tri Suci Waisak 2568 Buddhist Era/ 2024 di Candi Borobudur 23 Mei mendatang, sejumlah hotel dan homestay di Kabupaten Magelang Magelang  sudah banyak dipesan.Bahkan, kamar hotel sudah penuh dipesan jauh hari.

Seperti di   Grand Artos Hotel Magelang, dari 192 kamar yang ada  pemesanan kamar mencapai 100 persen.Sedangkan di homestay yang ada di sekitar Candi Borobudur mencapai 80 persen.

“Dari  192 kamar yang ada di Grand Artos Hotel Magelang  sudah 100 persen dipesan untuk tanggal 22-23 Mei mendatang. Meskipun pemesanan kamar  tersebut sudah penuh, tetapi masih banyak calon tamu yang masih ingin memesan kamar  untuk bermalam di Grand Artos Hotel,”kata General Manager Grand Artos Hotel dan Convention Magelang, Sugeng Sugiantoro, Jumat (3/5/2024).

Sugeng mengatakan, kenaikan pemesanan kamar hotel  yang menyatu dengan mall terbesar di Magelan tersebut,  terjadi Maret lalu. Para pemesan kamar tersebut sebagian besar berasal dari wilayah Jawa Tengah seperti Jakarta, Jawa Barat dan lainnya.

Menurutnya, para calon tamu hotel yang memesan kamar tersebut untuk selama dua hari yakni dari 22-23 Mei mendatang atau menjelang hingga pelaksanaan upacara Tri Suci Waisak.

Sugeng berharap, penuhnya pemesanan kamar hotel menjelang Waisak tersebut juga diikuti penginapan yang ada di sekitar Candi Borobudur seperti  homestay, balkondes yang ada.

Terpisah, Ketua Paguyuban Kampung Homestay Borobudur, Muslih mengatakan, prosentasi pemesanan kamar di homestay yang ada di Kampung Homestay Ngaran II , Desa  Borobudur sudah mencapai 80 persen. Yakni, dari 150 kamar yang tersedia, saat ini yang sudah dipesan sebanyak 125 kamar.

“Pemesanan kamar di Homestay Ngaran saat ini sudah mencapai 80 persen. Biasanya 10 hari sebelum hari H biasanya sudah full book,”kata Muslih.

Ia menambahkan, untuk tarif kamar di  Kampung Homestay Ngaran Borobudur sangat bervariatif.  Yakni,   sebagian besar para pemesan berasal dari wilayah Jawa Tengah dan untuk pemesanan tanggal 21, 22 dan 23 Mei. Mereka memesan kamar untuk mengambil moment penerbangan lampion Waisak pada 23 Mei malam mendatang.

Upacara  detik-detik Waisak 2568 Buddhist Era/ 2024 jatuh 23 Mei tepat pukul 20.52.42 WIB. Upacara detik-detik Waisak tersebut akan dilaksanakan   di Lapangan Kenari (pelataran)  Zona 1 sisi barat  Candi Borobudur.

Sedangkan penerbangan lampion Waisak akan dilaksanakan di Lapangan Marga Utama Candi Borobudur  dan terbagi dalam dua sesi. Sesi pertama akan dilaksankan pukul 19.00-21.00 WIB dan sesi kedua pukul 21.30-22.30 WIB.(W. Cahyono)