Personel TNI dari Koramil-04 Nguntoronadi Kodim 0728 Wonogiri, bersama Anggota Polsek Nguntoronadi Polres Wonogiri, proaktif mensosialisasikan Saber Pungli ke pasar tradisional.(Dok.Pendim 0728 Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Personel polisi bersama Anggota TNI di Kecamatan Nguntoronadi, Kabupaten Wonogiri, tampil proaktif mensosialisasikan Saber Pungli (Sapu Bersih Pungutan Liar) kepada warga masyarakat. Tujuannya, untuk mencegah pungutan liar (pungli).

Penerangan Kodim (Pendim) 0728 Wonogiri, Pelda Indra, mengabarkan, personel TNI yang melakukan sosialisasi Saber Pungli tersebut adalah Serma Rozak dari Koramil-04 Nguntoronadi. Bersama Aiptu Aris dari Polsek Nguntoronadi, melakukan sosialisasi Saber Pungli ke pasar tradisional yang menjadi pusat keramaian masyarakat.

Personel Babinsa dan Bhabinkamtibmas tersebut, tampil menyampaikan imbauan agar warga masyarakat menghindari pungli apa pun itu bentuknya. Kepada masyarakat, dipahamkan tentang Saber Pungli sebagaimana diatur dalam Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor: 87 Tahun 2016 tentang Satuan Tugas Saber Pungli.

Beberapa poin penting yang disampaikan dalam sosialisasi tersebut, diantaranya tentang pentingnya penolakan terhadap segala bentuk pungli. Tujuannya, untuk menjamin pelayanan kepada warga tanpa beban pungutan biaya tambahan yang tidak sah.

Masyarakat, diimbau agar tidak ragu untuk melaporkan jika menemukan indikasi praktik pungli yang dilakukan oleh pejabat negara atau pihak-pihak yang terkait. Praktik pungli merupakan tindakan yang bertentangan dengan Undang-Undang dan harus dilawan oleh seluruh lapisan masyarakat.

Kegiatan sosialisasi ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan hak-hak mereka. Utamanya dalam menerima pelayanan publik yang bersih dari praktik pungli.
Bambang Pur