blank
RSUD dr Loekmomo Hadi Kudus menambah alat canggih untuk mengatasi wasir dengan Laser Hemorhoidoplasty. foto: Ist

KUDUS (SUARABARU.ID) – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Loekmono Hadi Kudus melengkapi peralatan medis untuk penunjang pelayanan kepada pasien. Salah satu peralatan medis terbaru yang dimiliki rumah sakit tipe B pendidikan ini yakni Laser Hemorhoidoplasty untuk penanganan keluhan wasir atau hemorrhoid.

Direktur RSUD dr. Loekmono Hadi Kudus dr. Abdul Hakam, M.Si, Med., Sp.A menjelaskan usaha melengkapi peralatan medis merupakan wujud komitmen manajemen untuk memberikan pelayanan yang expert dan excellent bagi masyarakat.

”Saat ini di kamar bedah kami tambah lagi satu alat Laser Hemorhoidoplasty. Jadi pengobatan wasir bisa dilakukan tanpa tindakan pemotongan pada jaringan hemorrhoid. Bisa dilakukan one day care, sehingga pasien dapat segera beraktifitas seperti sediakala,” katanya.

Pihaknya juga menyiapkan dokter dan team ahli yang berpengalaman untuk mendukung pengoperasionalan peralatan penunjang medis yang modern. Dengan harapan dapat memberikan kualitas pelayanan yang optimal.

”Dengan semakin lengkapnya fasilitas yang ada, kami harap  RSUD dr. Loekmono Hadi dapat menjadi pilihan utama bagi masyarakat dalam pelayanan kesehatan,” harapnya.

Lebih rinci Dokter Spesialis Bedah RSUD dr. Loekmono Hadi Kudus dr. Tri Djoko Widagdo, Sp. B menjelaskan, Laser Hemorrhoidoplasty adalah tindakan minimal invasive dengan menggunakan teknologi laser. Teknologi laser ini akan menyebabkan mengempisnya jaringan hemorrhoid (wasir) yang menonjol/membesar tanpa dilakukan pemotongan pada jaringan hemoroid.

”Penting untuk dipahami bahwa pengobatan wasir harus didasarkan pada diagnosis yang tepat dan direkomendasikan oleh dokter yang berpengalaman. Meskipun metode lain selain laser juga dapat memberikan hasil yang baik, pengobatan laser memiliki beberapa keunggulan dalam hal pengurangan nyeri, percepatan penyembuhan, tingkat rekurensi yang lebih rendah, dan durasi rawat inap yang lebih singkat,” jelasnya.

Ali Bustomi