blank
Para pegiat literasi Jepara yang tergabung dalam Forum Taman Bacaan Masyarakat Kab. Jepara peringati Hari Kartini dengan donasi buku

JEPARA (SUARABARU.ID) – Forum Taman Bacaan Masyarakat Kab. Jepara  menggelar acara memperingati Hari RA. Kartini  yang diwarnai pula dengan donasi buku.  Acara berlangsung  di TBM Isykarima RT 05 RW 02 Desa Banjargung Kec. Bangsri, Minggu, 28 April 2024 dihadiri beberapa pengelola TBM yang tersebar dari berbagai desa di Jepara.

Dari Jepara bagian selatan tepatnya Kecamatan Welahan diwakili Perpustakaan RA. Kartini, sedangkan. dari Kecamatan Keling ada TBM Griya Baca Nuurasyida. Selain itu turut hadir Ketua FTBM Kab. Jepara Den Hasan pemilik Rumah Baca Ilalang, TBM Ben Pinter, TBM Gardu Baca, TBM Rumah Kreasi Pelangi & TBM Pustaka Sarwaga Desa Bantrung Kec. Batealit.

blank
Donasi buku dari Forum Taman Bacaan Masyarakat Kab. Jepara

Den Hasan selaku Ketua Forum TBM Kab. Jepara dalam sambutannya mengungkapkan ”  Bahwa mendirikan Taman Bacaan Masyarakat bukan semata – mata mencari bantuan dari pemerintah maupun donatur, tapi dikarenakan keresahan bersama akan semakin menipisnya budaya literasi membaca dan menulis masyarakat Jepara khusunya generasi milenial.

Karena itu kami mengajak para pengelola TBM  dan Perpustakaan di Jepara untuk kembali bangkit dan  berkumpul lagi seperti hari ini di TBM Isykarima, ” kata Den Hasan.

blank
Diskusi para pegiatan literasi Forum Taman Bacaan Masyarakat Kab. Jepara

Sedangkan H. Ali Burhan sebagai tuan rumah sekaligus pengelola TBM Isykarima menambahkan ” Kita patut bersyukur dan  bangga bahwa ditempatkan sebagai pegiat pergerakan literasi TBM & Perpustakaan ,  seperti Firman ALLAH SWT yang pertama kali diturunkan kepada Nabi Muhammad SWT  adalah berkaitan dengan membaca.

Di samping itu, ia menambahkan ” Setiap gagasan maupun pemikiran sebaiknya di tulis agar bisa memberikan manfaat pada orang lain seperti yang dilakukan RA. Kartini”.

blank

Untuk lebih mengenal lebih dekat nilai – nilai perjuangan RA. Kartini , Nur Anisah pendiri TBM Capung Desa Mambak Kec. Mlonggo menghadirkan ” Membaca Nyaring ” yang mendapatkan apresiasi dari pegiat literasi TBM.

Menjelang akhir acara H. Ali Burhan dari TBM Isykarima memberikan bantuan buku bacaan untuk anak – anak pada semua pengelola TBM dan  Perpustakaan yang hadir di idarohan yang pertama  tahun 2024.

Hadepe – Edy Mustofa