blank
Kapolres AKBP Andi M Indra Waspda Amirullah (deret depan kesatu kiri) didampingi Perwira Jaga di Pos Gajahmungkur dan Personel Polairud, melakukan patroli di Objek Wisata Tirta Waduk Gajahmungkur Wonogiri.(Dok.Humas Polres Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Para pengelola objek wisata, harus mengedepankan aspek safety demi mewujudkan pelayanan yang aman, nyaman dan berkeselamatan. Terlebih pada objek wisata tirta dan wisata bahari yang saat ini dibanjiri pelancong Lebaran.

Kasi Humas Polres Wonogiri AKP Anom Prabowo, mengabarkan, penegasan tersebut disampaikan Kapolres AKBP Andi M Indra Waspada Amirullah, saat memberikan pengarahan kepada para peresonel yang terlibat Operasi Ketupat Candi 2024.

Dalam rangkaian itu, Kapolres juga tampil memimpin patroli untuk mengintensifkan pengamanan pada sejumlah objek wisata di Kabupaten Wonogiri. Utamanya pada sejumlah destinasi wisata, yang memiliki objek rekreasi tirta dan bahari, yang saat ini ramai dikunjungi wisatawan Lebaran.

Upaya meningkatkan patroli pengamanan, kini dilakukan pada sejumlah objek wisata tirta dan wisata bahari di Kabupaten Wonogiri. Alasannya, pada objek wisata tirta seperti Waduk Gajahmungkur dan juga wisata bahari di Pantai Selatan, memiliki potensi kerawanan terhadap kecelakaan air.

Seperti ancaman tenggelam karena kecelakaan saat berperahu wisata di Waduk Gajahmungkur. Atau kecelakaan yang dapat menyebabkan fatalitas korban, karena ancaman digulung ombak Pantai Selatan.

Kapolres, mengimbau kepada pengelola wisata yang objeknya berbasis air seperti Waduk Gajah Mungkur dan kawasan pantai, untuk selalu mengedepankan aspek keamanan dan keselamatan bagi para wisatawan. ”Pastikan kapal atau perahu wisata dalam kondisi baik, dilengkapi dengan peralatan keselamatan, dan dipandu oleh awak yang kompeten,” tegas Kapolres.

Polairud

Khusus untuk pengamanan objek wisata tirta Waduk Gajahmungkur dan wisata bahari Pantai Selatan, mendapatkan bantuan personel dari Polairud yang di-BKO-kan ke Polres Wonogiri. Tujuannya, untuk membantu mewujudkan aspek safety pada pelancong Lebaran.

Kepada pengelola objek wisata tirta Waduk Gajah Mungkur dan wisata bahari, untuk selalu mengedepankan aspek keamanan demi mewujudkan pelayanan yang nyaman dan berkeselamatan. Pastikan sarana kapal atau perahu wisata dalam kondisi baik. Lengkapi dengan fasilitas peralatan untuk mendukung terwujudnya keselamatan. ”Dan dipandu oleh awak yang kompeten,” tandas Kapolres.

Para wisatawan yang berliburan Lebaran, diimbau untuk selalu mentaati aturan dan petunjuk keselamatan, serta berhati-hati saat melakukan aktivitas di perairan. Kepada para awak perahu, diingatkan untuk memberikan pelayanan pelayaran kepada para wisatawan, dengan mengedepankan aspek safety. Tidak boleh membawa penumpang yang melebihi kapasitas jumlah yang ditentukan.

Kabupaten Wonogiri, merupakan kabupaten kota di Solo Raya yang memiliki potensi wisata bahari. Lokasinya di Kecamatan Paranggupito Kabupaten Wonogiri, meliputi Pantai Nampu, Sembukan dan Pantai klotok,

Kegiatan pengamanan objek wisata, merupakan bagian dari upaya preventif dan proaktif dari Polres Wonogiri, dalam memberikan perlindungan kepada masyarakat. Utamanya kepada para wisatawan, yang melancong saat berkegiatan mengisi liburan Lebaran Idul Fitri 1445 H/2024 M. Agar semuanya dapat berjalan aman, nyaman dan menyenangkan.
Bambang Pur