Bupati Wonogiri Joko Sutopo (berpeci) bersama Dandim 0728 Letkol (Inf) Edi Ristriyono dan Kapolres AKBP Andi M Indra Waspada Amirullah, menyalami para personel yang bertugas jaga di Pos Lebaran Idul Fitri.(Dok.Humas Polres Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Jajaran TNI-Polri bersama para pihak terkait di Kabupaten Wonogiri, tampil secara all out dalam mengamankan perayaan Lebaran Idul Fitri 1445 H/2024 M. Baik pengamanan saat berlangsungnya takbiran dan sholat ied, maupun pengamanan keramaian masyarakat lainnya, termasuk pengamanan di semua objek wisata.

Tugas pengamanan Sholat Ied, Rabu (10/4), dilakukan serentak di semua tempat yang menggelar Sholat Ied berjamaah. Di Kabupaten Wonogiri, Sholat Ied dilaksanakan di 160 lapangan dan di 1.267 masjid, yang tersebar di 25 kecamatan se Kabupaten Wonogiri. Pengamanan dilakukan secara gabungan oleh jajaran TNI-Polri bersama unsur terkait lainnya, termasuk dari Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP).

Pengamanan Lebaran Idul Fitri, menjadi bagian utama dalam pelaksanaan Operasi Ketupat Candi 2024. Yakni untuk mewujudkan situasi Keamanan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) di Kabupaten yang kondusif dan terjauhkan dari kekacauan.

Berkaitan ini, Bupati Wonogiri Joko Sutopo bersama Dandim 0728 Letkol (Inf) Edi Ristriyono dan Kapolres AKBP Andi M Indra Waspada Amirullah, melakukan kunjungan ke sejumlah pos pengamanan.

Kasi Humas Polres Wonogiri AKP Anom Prabowo, mengabarkan, kunjungan melibatkan unsur Forkompimda dan Pimpinan Dinas Instansi terkait. Ini dilakukan, untuk menyambangi para petugas yang tengah bersiaga jaga di Pos Lebaran. Yakni di Pos Pengamanan (Pospam) dan Pos Pelayanan (Posyan) di Kabupaten Wonogiri.

Siap Siaga

Ikut serta dalam kunjungan tersebut, Wakapolres Kompol Heru Sanusi beserta para Pejabat Utama (PJU) Polres, Ketua dan Pengurus Bhayangkari. Dalam kegiatan tersebut, rombongan Bupati bersama Kapolres juga menyambangi Posyan di Terminal Induk Giri Adi Pura yang berlokasi di Krisak, Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri.

Menurut Kapolres, kunjungan ke sejumlah Pos Lebaran ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana kesiapan sarana, prasarana dan kesiapan petugas. Juga melakukan cheking terhadap personel yang di bertugas di pos, untuk memastikan keneradaannya senantiasa siap siaga melaksanakan tugas mengamankan perayaan Lebaran Idul Fitri Tahun 2024.

Bersamaan dengan kunjungan tersebut, Ketua dan Pengurus Bhayangkari Wonogiri, berkenan memberikan bingkisan kepada petugas yang berjaga di Pos Lebaran. Ini diberikan, sebagai bentuk suport untuk mendukung semangat petugas dalam melakukan tugas pengamanan dan pelayanan kepada masyarakat.

Kapolres menjelaskan, lebih dari 500 personel gabungan terlibat dalam tugas pengamanan Lebaran Idul Fitri 2024. Mereka tersebar di 6 Pos Pengamanan dan Pos Pelayanan, termasuk di sejumlah objek wisata di seluruh Kabupaten Wonogiri, yang selama masa libur lebaran banyak didatangi pelancong.
Bambang Pur