Sholat Idul Fitri 1445 H/2024 M di depan Kodim 0728 Wonogiri, menampilkan Khotib Ketua PD Muhammadiyah Kabuopaten Wonogiri Drs H Kusman Thoha MPd (berdiri di podium menghadap lensa).(SB/Bambang Pur)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Dengan menjalankan ibadah sebulan penuh di Bulan Ramadan, baik yang wajib maupun yang sunah, umat Islam berusaha memohon ampunan, untuk membentuk pribadi yang taqwa. Juga dalam upaya meraih kesucian jiwa, guna mengangkat diri ke derajat yang tinggi.

Demikian dikedepankan Ketua Pimpinan Daerah (PD) Muhammadiyah Kabupaten Wonogiri, Drs H Kusman Thoha MPd, Rabu (10/4), saat tampil menjadi Khotib di Sholat Idul Fitri 1445 H/2024 M yang digelar di depan Makodim 0728 Wonogiri. Bertindak sebagai Imam adalah Ustadz Muhammad Yusfarijal Ma’muri SPd Al Hafidz.

Jamaah Sholat Ied di depan Makodim Wonogiri, meluber sejak dari teras dan halaman Gedung Mall Pelayanan Publik (MPP), memadati ruas jalan protokol Kota Wonogiri yang berada di depannya, dan meluber ke halaman Makodim 0728 Wonogiri.

Kusman, mengingatkan, momentum Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 M yang berlangsung setelah Pemilu 2024, memiliki arti penting untuk menjalin silaturahmi kebersamaan dengan meninggalkan perselisihan. Untuk merajut tali persaudaraan dalam upaya membangun harmonisasi kebangsaan.

”Kita wajib memberi maaf kepada sesama, bersikap saling asah, asih dan asuh, agar terjalin hubungan yang indah antarsesama anak bangsa,” tegas Kusman.

Kepada jamaah Sholat Ied, diminta untuk ikut mendoakan saudara sesama muslim di Palestina, agar segera mendapatkan pelrindungan dari Allah SWT, memperoleh kedamaian hidup, dijauhkan dari konflik, pertikaian dan penindasan. ”Marilah kita mendoakan mereka,” pinta Kusman.

Sholat Ied 1445 H/2024 di Kabupaten Wonogiri, Rabu (10/4), digelar serentak di 160 lapangan terbuka dan di 1.267 masjid yang tersebar di 25 kecamatan se Kabupaten Wonogiri. Untuk wilayah Kota Wonogiri, dilaksanakan di 5 lokasi. Pertama di halaman Masjid Agung At Taqwa depan Kantor Bupati Wonogiri. Menampilkan Imam Ustdaz Nanang Fatihunnadah Al Hafidz, dan Khotib Kasi Binmas Islam Kantor Kemenag Wonogiri, H Mursidi SAg, MSi.

Kedua, di Lapangan Sukorejo dengan Imam oleh Asrori SPdI Al dan Khotib H Najmul Fatah SPd. Ketiga, di Lapangan Bantarangin Wonoboyo, Imam dan Khotib oleh Drs H Subari. Keempat, di Stadion Pringgondani dengan Imam Lutfi Baihaqi Al Hafidz dan Khotib Ir H Seno Hadi Sumitro MAg. Kelima, di depan Kodim 0728 Wonogiri dengan Imam Muhammad Yusfarijal Ma’muri SPd dan Khotib Drs H Kusman Thoha MPd.
Bambang Pur