blank
Muladi Dome, gedung serba guna megak di kompleks Undip Tembalang. Foto: Undip

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Sebuah gedung besar dan megah berdiri di kompleks Undip Tembalang. Bangunan megah itu merupakan gedung serba guna terbesar di Jawa Tengah, yang diberi nama Muladi Dome.

Nama ini diambil dari nama Prof. Muladi, mantan Rektor Universitas Diponegoro dan juga pernah menjabat Menteri Kehakiman, Menteri Sekretaris Negara RI dan Hakim Mahkamah Agung.

Acara peresmian berlangsung pada Jumat (5/4/2024) siang yang dihadiri oleh Rektor Universitas Diponegoro, Wakil Rektor, Ketua Senat Akademik, Wakil Ketua Majelis Wali Amanat, para Dekan, serta keluarga almarhum Prof. Muladi.

Dalam sambutannya, Prof. Dr. Yos Johan Utama, menjelaskan, mengapa Gedung Serba Guna Undip yang baru ini diberi nama Muladi Dome.

“Gedung ini diberi nama Muladi Dome, karena Beliau yang mengawali mengangkat nama UNDIP sehingga berhasil masuk dalam jajaran Nasional dan Internasional. Jadi kita berikan nama ini sebagai penghormatan atas jasa-jasa yang Beliau berikan,” terang Prof Yos.

blank
Rektor Undip Prof Yos Jphan Utama meresmikan Muladi Dome. Foto: Undip

Prof Yos juga menjelaskan filosofi desain Muladi Dome mengadopsi bentuk besek atau berkat dalam istilah Jawa. Hal ini lantaran melambangkan membawa berkah kebahagiaan.

“Saat kita kecil dulu, pasti kita senang saat orang tua kita membawa pulang besek atau berkat. Besek ini membawa kebahagiaan. Semoga Muladi Dome ini selalu membawa keberkahan dan kebahagiaan bagi warga yang menggunakannya,” kata Prof Yos.

Sementara itu, Istri almarhum Prof. Muladi, Nany Ratna Asmara, menyampaikan ucapan terima kasih atas penghargaan yang diberikan Universitas Diponegoro kepada almarhum suaminya.

“Saya mengucapkan selamat kepada UNDIP atas terselesaikannya pembangunan Gedung Serba Guna ini. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada Rektor UNDIP yang telah memberikan penghargaan yang luar biasa dengan memberikan nama Gedung Serbaguna ini dengan nama suami saya, Prof. Muladi,” katanya.

Muladi Dome dibangun dengan masa pelaksanaan 450 hari kalender, dimulai Desember 2022 hingga Maret 2024. Muladi Dome merupakan gedung dengan 3 lantai bertribun, dan dilengkapi dengan area parkir di area depan dan basement.

Area basement juga dilengkapi dengan dua mushala berkapasitas masing-masing 150 orang. Lantai 1 Muladi Dome memiliki beberapa ruang seminar, ruang co-working, serta belasan tenant dan foodcourt.

Lantai 2 Muladi Dome merupakan ballroom yang dilengkapi dengan dua unit movable partition, sehingga ballroom dapat dibagi menjadi tiga ruangan berkapasitas masing-masing 1.500 orang.

Berukuran 90 x 60 meter persegi dengan kapasitas total 4500 orang ditambah 700 orang di tribun, membuat ballroom Muladi Dome menjadi gedung serba guna yang terbesar di Jawa Tengah.

Dengan diresmikannya Gedung Serba Guna yang ikonik yakni dengan atap yang mirip dengan besek sebagai simbol berkah dan penghormatan, multifungsi, representatif, terbesar, dan termegah di Jawa Tengah ini, harapannya UNDIP dapat terus mensejahterakan civitas academica di dalamnya beserta masyarakat di sekitarnya.

Hery priyono