blank
Wakil Bupati Kebumen Ristawati Purwaningsih memberi sambutan sebelum buka bersama awak media di Rumah Dinas Jalan Mayjen Sutoyo,Sabtu 6/4.(Foto:SB/Komper Wardopo)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Wakil Bupati Kebumen Hj Ristawati Purwaningsih mengakui hingga mendekati akhir masa jabatan Desember 2024, masih memiliki pekerjaan rumah membangun gedung wanita.

“Gedung Wanita ini sudah lama kita impikan. Bahkan saat saya masih menjadi istri ketua DPRD. Hingga saya menjadi wakil bupati, belum juga terwujud, karena skala prioritas dan keterbatasan anggaran,”ujar perempuan yang akrab disapa Rista saat menggelar buka bersama dengan pengurus DPC PDIP, Fraksi PDIP DPRD Kebumen dan awak media, Sabtu (6/4).

Buka bersama di Rumah Dinas Wakil Bupati Jalan Mayjen Sutoyo itu dihadiri Ketua DPRD Kabupaten Kebumen H Sarimun yang juga Sekretaris DPC PDIP Kebumen, sejumlah anggota Fraksi PDIP DPRD Kebumen. Hadir pula Arembono yang ditunjuk sebagai Ketua Tim Penjaringan cabup-cawabup DPC PDIP Kebumen.

blank
Ketua DPRD Kebumen Sarimun hadir pada buka bersama awak media di rumah dinas Wakil Bupati, Sabtu 6/4.(Foto:SB/Komper Wardopo),

 

Menurut Rista, keberadaan gedung wanita di Kebumen sangat penting. Sebab peran kaum perempuan semakin nyata baik di bidang politik, pemerintahan serta sektor lain. Adanya sarana gedung untuk aktivitas dan kiprah perempuan diperlukan.

Apresiasi Peran Pers

Pada bagian lain Wakil Bupati mengapresiasi peran pers yang selama ia menjabat tiga tahun terakhir terus mempublikasikan berbagai hasil pembangunan dan pemerintahan. Peran media sangat berarti menyosialisasikan hasil-hasil pembangunan dan kemajuan daerah.

Rista mengajak sinergi media dan Pemkab terus berjalan dengan baik guna mendukung pemerintahan dan pembangunan yang semakin baik, transparan serta akuntabel.”Apalagi peran media sangat penting ikut memajukan pemerintah daerah, sekaligus memerangi berita bohong atau hoaks yang menyerbu masyarakat,”tandas dia.

Menyinggung hasil Pemilu Legislatif 2024, Ristawati yang juga duduk sebagai Wakil Ketua DPC PDIP Kebumen menyatakan, sejak awal pihaknya telah menyiapkan strategi pemenangan Pemilu sesuai kebijakan DPP dan DPD, menyiapkan calon legislatif di tiap kecamatan.

Namun dalam hasil  perolehan kursi DPRD Kebumen pada Pemilu 2024 ini turun satu kursi dari 12 kursi menjadi 11 kursi. Pihaknya harus merelakan kursi Ketua DPRD periode 2024-2029 lepas dari PDIP Kebumen.

“Kami mengajak segenap fungsionaris DPC untuk mawas diri dan introspeksi. Kita tidak perlu saling menyalahkan, namun menjadi evaluasi untuk menghadapi strategi Pemilu 2029.”tegas perempuan yang juga mengelola pelayanan kesehatan RSU Purwogondo di Kecamatan Kuwarasan, Kebumen.

Komper Wardopo