blank
Bupati Indrata Nur Bayuaji (kedua dari kanan) bersama rombongan, disambut oleh ibu-ibu saat melakukan Safari Ramadan ke Desa Candi, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan.(Dok.Prokopim Pacitan)

PACITAN (SUARABARU.ID) – Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jatim, berpotensi menjadi Daerah Tujuan Wisata (DTW). Yang bila potensi itu dapat dikembangkan, niscaya dapat dijadikan sarana meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Bagian Prokopim Pemkab Pacitan, mengabarkan, hal itu dikedepankan Bupati Pacitan, Indrata Nur Bayuaji, saat bersilaturahmi dalam acara Safari Ramadan di Desa Candi, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan.

Kata Bupati, Pringkuku memiliki potensi alam yang komplet (lengkap), dan berpeluang besar untuk dikembangkan sebagai DTW. Peluang tersebut, harus dimanfaatkan dengan baik demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.

“Kalau melihat kawasan yang komplet, menurut kacamata saya, ya ini (Pringkuku),” ungkap Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji. Dibanding wilayah kecamatan lain, Kecamatan Pringkuku memang memiliki sumber daya alam (SDA) yang lengkap.

Selain pantai-pantai yang indah juga ada sungai, hutan, gua serta wisata alam lainnya. Bahkan Sentono Gentong di Pringkuku, merupakan objek wisata alam yang juga dimanfaatkan untuk olahraga paralayang. “Harapan saya, masyarakat Pringkuku bisa mendapatkan manfaat dari potensi alam tersebut,” ujar Bupati.

Guna memgembangkan potensi alam Pringkuku tersebut, dibutuhkan kerjasama semua pihak, serta  kesadaran masyarakat dalam menjaga alam. Kata Bupati, karena alam sekali rusak maka akan sulit dikembalikan.

Safari Ramadan Bupati di Kecamatan Pringkuku, mengambil lokasi di Masjid Nurul Huda, Dusun Ngebrak, Desa Candi. Ini merupakan titik Ke-11 Safari Ramadan dari 12 kecamatan yang ada di Kabupaten Pacitan.
Bambang Pur