blank
PWI Pusat kembali gelar UKW gratis se-Indonesia. Foto: dok/nlt

JAKARTA (SUARABARU.ID)– Ketua PWI Pusat, Hendry Ch Bangun mengatakan, pihaknya melalui Lembaga Uji Kompetensi Wartawan (LUKW), kembali menggelar kelanjutan UKW gratis di 38 provinsi se-Indonesia, dan satu daerah PWI khusus, yaitu PWI Surakarta.

”Beberapa PWI daerah menyatakan siap melaksanakan UKW gratis ini. Provinsi Papua Tengah akan menggelar UKW di Ibu Kota Nabire sebanyak lima kelas (18-19 April), dilanjutkan di Provinsi Riau (6 kelas/23-24 April), selanjutnya di Sumsel (8 kelas/26-27 April) serta di Provinsi Kepri (6 kelas/3-4 Mei),” kata Hendry dalam keterangan tertulisnya, Rabu (3/4/2024).

Atas rencana digelarnya UKW gratis ini, Ketua PWI Kepri, Andi Gino, memberikan apresiasinya. Dia menyatakan berterima kasih kepada sponsor dan PWI pusat, yang memahami kebutuhan anggota untuk meningkatkan kualitas wartawan.

BACA JUGA: Jelang Lebaran Harga Pangan di Jateng Relatif Stabil 

Hal senada diungkapkan Ketua PWI Sulawesi Tenggara, Sarjono dan Ketua PWI Sumsel, Kurnaidi. Menurutnya, program terobosan PWI Pusat ini sangat tepat, untuk meningkatkan kualitas wartawan anggota PWI.

Ditambahkan Hendry, pada periode April-Mei 2024 ini akan dilaksanakan UKW di 10 provinsi. Di antaranya PWI Provinsi Sultra, PWI Sulteng, PWI Jawa Timur, PWI Sumbar, dan satu provinsi dari Kalimantan, pilihannya di Kalsel atau di Kaltara.

”Setelah kick off pada akhir Desember 2023, UKW PWI Pusat gratis bersama BUMN sukses dilaksanakan di 10 PWI Provinsi, yaitu di Papua Induk, Papua Selatan, Sulawesi Utara, Aceh, Yogyakarta, NTB, NTT, Bengkulu, Lampung, dan PWI Provinsi Kalteng,” jelas dia.

BACA JUGA: IDI Cabang Jepara Bantu 75 Mustahiq di 12 Desa

Sementara itu, Direktur LUKW PWI Pusat, Firdaus Komar mengungkapkan, melalui usulan PWI Provinsi, ada sebanyak 21 daerah yang mendapat kesempatan menggelar UKW gratis, dengan fasilitas Dewan Pers (DP).

”Gelaran UKW dengan fasiiitas DP ini, telah dimulai LUKW PWI pada 7-8 Maret 2024, di PWI Sumut. Peserta UKW PWI Pusat gratis tetap memiliki kesempatan mengikuti lomba kompetisi jurnalistik, seperti halnya UKW PWI gratis bersama BUMN, dengan total hadiah Rp 50 juta,” terang dia.

Mengenai kompetisi jurnalistik bagi peserta UKW PWI pusat ini, peserta wajib memenuhi kriteria yang telah ditetapkan. Tema tulisan lomba tetap mengacu pada topik, ‘Peran BUMN Terhadap Kemajuan Pers Melalui UKW’.

Karya jurnalistik yang diikutkan dalam lomba, berupa feature dengan minimal 1.500 karakter. Selanjutnya, karya yang dilombakan dikirimkan ke link yang telah disediakan oleh admin PWI Pusat, setelah tiga hari pelaksanaan UKW yang digelar di masing-masing daerah.

Riyan