blank
Tim PKM Prodi Ilkom USM beserta sejumlah siswa SMA II Semarang, melakukan foto bersama usai acara. Foto: dok/usm

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Semarang (USM), memberikan Pelatihan Jurnalistik Digital dengan tema ‘Pelatihan Layout Jurnalistik: Membangun Halaman Publikasi yang Efektif dan Kreatif’, di SMA Institut Indonesia Semarang, Rabu (3/4/2024).

Tim PKM USM itu terdiri dari Ketua Yusrizal Rokhim, dengan anggota Reva Andrea, Monika Raharusun, Natalia Dian A, Ken Ayu Fitria, Diyah Hesti, Ersa Nabalah, Pinastika Rahmadani, Kukuh Hussein, dan Panji Utomo.

Kegiatan yang diadakan dalam rangka untuk mewujudkan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi itu, diikuti 20 siswa kelas 11 SMA II. Hadir sebagai narasumber yang berkompeten di bidang jurnalistik yaitu, Dzaky Aqmal Mahardika.

BACA JUGA: USM International SDGs Student Competition 2024, Prita dan Yesa Raih Best Topic dan Speech Competition

Ketua PKM USM, Yusrilzal Rokhim mengatakan, pelatihan itu untuk memberikan pengetahuan, edukasi dan pelatihan kreativitas peserta, dalam membuat layout jurnalistik yang kreatif serta efektif.

”Kegiatan ini dilakukan, karena banyaknya generasi muda yang awam terhadap layout jurnalistik. Padahal hal ini adalah pondasi utama untuk menarik minat pembaca. Layout jurnalistik merupakan hal yang dipandang pertama oleh pembaca berita, dan kita tahu bahwa manusia adalah makhluk visual. Jadi dengan layout jurnalistik yang kreatif dan efektif, dapat menarik minat pembaca,” katanya.

Dalam kegiatan itu, peserta diberikan materi jurnalistik, jenis-jenis media, struktur berita, dan jenis-jenis layout jurnalistik. Ada pula pre-test, post test hingga pembagian hadiah, bagi peserta yang dapat menyusun layout berita yang menarik.

BACA JUGA: PKM USM Ilkom Dorong Kreativitas Siswa SMKN 1 Semarang Lewat Podcast

Yusrilzal berharap, melalui kegiatan ini, dapat meningkatkan kesadaran bagi siswa, terkait layout jurnalistik merupakan salah satu pilar penting dalam publikasi media.

”Kami berharap, dengan adanya kegiatan ini bisa menimbulkan kesadaran bagi siswa SMA Institut Indonesia, akan pentingnya layout jurnalistik dalam berita, yang nantinya dapat memunculkan minat baca bagi banyak orang,” ujarnya.

Riyan