blank
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam Konferensi Pers terkait kesiapan Polda Jateng pengamanan arus mudik. Foto: Ning/SUARABARU.ID (3/4/2024)

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo didampingi Panglima TNI dan sejumlah menteri mengunjungi Gerbang Tol (GT) Kalikangkung, Rabu (3/4/2024).

Kunjungan tersebut dalam rangka mengecek kesiapan Polda Jateng menghadapi arus mudik Lebaran 2024.

“Tadi pagi kita laksanakan apel gelar pasukan yang menandai dimulainya Operasi Ketupat dalam rangka pengamanan arus mudik. Kali ini kita cek kesiapan sejumlah daerah. Kemarin di Merak, sekarang di GT Kalikangkung,” ujar Kapolri kepada awak media.

Dalam kunjungan tersebut, Kapolri mendengarkan langsung paparan kesiapan Polda Jateng dalam menangani berbagai permasalahan yang berpotensi terjadi selama arus mudik dan balik di Jawa Tengah.

Berdasarkan survey dari Kementerian Perhubungan, diprediksi arus mudik yang melintas di GT Kalikangkung tahun ini akan meningkat sebesar 4 persen.

Kapolri menyebut ada beberapa hal yang menjadi perhatian khusus. Pertama potensi kepadatan arus lalin dan cara penguraiannya.

“Tadi sudah dipaparkan upaya yang dilakukan dengan menambah pintu exit tol, penambahan petugas dan card reader. Ini sebagai upaya mempercepat antrian dan mengurai kemacetan di gerbang tol,” jelasnya.

Berikutnya potensi terjadinya bencana banjir di sejumlah daerah dan ruas jalan yang dilalui pemudik. Kapolri menyebut sudah disiapkan sejumlah rute alternatif yang bisa dilalui oleh pemudik.

“Jalur-jalur alternatif tersebut bisa jadi pilihan masyarakat apabila terjadi genangan air,” kata Kapolri.

Kapolri berpesan kepada masyarakat agar tidak memaksakan diri untuk cepat sampai ke tujuan. Pihaknya telah menyiapkan sejumlah rest area yang bisa digunakan untuk beristirahat.

“Demikian juga di jalur arteri, banyak tersedia tempat untuk beristirahat. Hindari beristirahat di bahu jalan karena sangat berbahaya dan berpotensi menimbulkan laka lantas,” Imbaunya.

Dirinya juga mengimbau untuk menghindari keberangkatan di puncak arus mudik. Hal ini sebagai upaya mencegah terjadinya kepadatan arus lalin.

“Manfaatkan sarana mudik gratis yang disiapkan pemerintah di tanggal 6 dan 7. Selain sebagai upaya cegah kemacetan, ini juga jadi alternatif angkutan yang bisa dipilih selain kereta api dan pesawat,” tandasnya.

Dalam kegiatan tersebut Kapolri juga memberikan bingkisan kepada para petugas yang melaksanakan Operasi Ketupat Candi 2024 di GT Kalikangkung.

Ning S