blank
Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji (kiri bersarung) memberikan sambutan pengarahan dalam acara pembinaan Kamtibmas, utamanya Ronthek Gugah Sahur menuju seni tradisi yang indah.(Dok.Prokopim Pacitan)

PACITAN (SUARABARU.ID) – Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji, berharap, Ronthek (Ronda Trethek) Gugah Sahur (membangunkan orang untuk sahur di Bulan Ramadan), dapat menjadi seni tradisi yang Indah dan menyenangkan.

Bagian Prokopim Pemkab Pacitan, mengabarkan, harapan Mas Aji (panggilan akrab Bupati Pacitan), disampaikan saat berlangsungnya acara pembinaan Keamanan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas). Acara ini digelar d Pendapa Kabupaten Pacitan, Selasa malam (2/4), dalam rangka Cipta Kondisi Bulan Suci Ramadan dan menyambut perayaan Lebaran Idul Fitri 1445 H/2024. di Pendopo Kecamatan Pacitan, Jatim.

Kata Bupati, menjadi tugas kita bersama agar Ronthek Gugah Sahur ke depan menjadi seni tradisi yang semakin nikmat dilihat, ”Insha Allah, kalau kita serius itu bisa kita wujudkan,” kata Bupati. Jangan ada stigma “rusuh” yang menjadikan budaya khas Pacitan tersebut kian suram.

Mas Aji, yakin, kebiasaan lama yang memberi kesan buruk terhadap Ronthek Gugah Sahur bisa berubah. Masyarakat luas pun menginginkan hal serupa. Untuk itu, Bupati mengajak semua pihak mampu mewujudkan Ronthek yang nyaman dilihat. Ini menjadi tugas bersama dan merupakan tantangan semua pihak untuk mampu mewujudkannya.

“Apresiasi untuk semua yang terlibat karena Ronthek Gugah Sahur, semakin kesini mulai berubah. Mari gunakan Medsos untuk mensosialisasikan Ronthek Pacitan yang positif,” tandas Bupati.

Istiqomah

Bupati juga memberikan apresiasi kepada seluruh petugas pengamanan, yang bekerja tak kenal lelah demi kelancaran dan kondusifitas pelaksanaan Ronthek Gugah Sahur selama Bulan Suci Ramadan 1445 H/2024. Diharapkan, pada pekan terakhir Bulan Ramadan ini, semua bisa istiqomah dan berakhir dengan indah.

Harapan sama, juga disampaikan kepada Kapolres Pacitan AKBP Agung Nugroho bersama Dandim 0801 Pacitan Letkol (Inf) Roliyanto. Yang telah memberikan pembinaan Kamtibmas dalam rangka cipta kondisi,

Acara pembinaan Ronthek Gugah Sahur, diikuti jajaran Polri, para prajurit TNI AD dari Kodim 0801, para personel Babinkamtibmas dan Babinsa, para Camat bersama jajaran Forkompimcam, para Kades dan Lurah. Juga ikut serta Satpol-PP, Dinas Perhubungan (Dishub), Ormas serta Koordinator Ronthek.
Bambang Pur