blank
Dampak bencana hidrometeorologi dari hujan lebat dan angin kencang, telah memicu terjadinya tanah longsor di lima dusun di tiga desa yang berada di Kecamatan Kebonagung, Kabupaten Pacitan.(Dok. BPBD Pacitan)

PACITAN (SUARABARU.ID) – Para korban bencana alam di Kecamatan Kebonagung, Kabupaten Pacitan, Jatim, Selasa (2/4) menerima bantuan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten.

Pusdalops BPBD Kabupaten Pacitan, mengabarkan, bantuan diberikan kepada warga terdampak bencana alam di lima dusun di tiga desa yang berada di Kecamatan Kebonagung. Yakni warga di RT 02/RW 06 Dusun Batulapak dan warga di RT 03/RW 04 Dusun Dadapan, yang berada di Desa Kalipelus. Berikut warga RT 01/RW 04, Dusun Kalitani, Desa Karangnongko. Kemudian warga RT 02/RW 01 dan di RT 03/RW 02 Dusun Krajan, Desa Karangnongko, serta warga di RT 03/RW 02 Dusun Krajan, Desa Klesem.

Penerima bantuan, merupakan para korban bencana yang ditimbulkan hujan dengan intensitas sedang-lebat yang disertai angin kencang. Dampak dari bencana hidrometeorologi ini, telah memunculkan tanah longsor yang mengakibatkan kerusakan pada rumah.

Karena rusak, rumah tidak bisa ditinggali dan penghuninya untuk sementara mengungsi. Dampak lain bencana tanah longsor, mengakibatkan tembok dapur milik warga jebol. Bencana tanah longsor, juga mengakibatkan material longsorannya masuk kedalam rumah warga.

Pusdalops BPBD Kabupaten Pacitan, menginformasikan, kondisi cuaca pada Hari Selasa (2/4) di Kecamatan Kebonagung, umumnya cerah berawan. Kepada warga masyarakat, diimbau untuk meningkatkan kewaspadaan dan menyiapkan langkah-langkah antisipatif untuk meminimalisir dampak bencana.

Langkah antisipasi, dapat dimulai dari lingkungannya masing-masing. Warga masyarakat diajak untuk dapat bersinergi dan bergotong-royong dalam penanggulangan bencana, karena bencana menjadi urusan bersama.
Bambang Pur