blank
Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Semarang menyerahkan secara simbolik bantuan kepada orang tua anak suspect stunting di pabrik Bergas, Selasa 2 April 2024. Foto: R. Widiyartono

UNGARAN (SUARABARU.ID) – PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk menyerahkan bantuan untuk 95 anak suspect stunting di Kecamatan Bergas Kabupaten Semarang, Selasa 2 April 2024.

Penyerahan bantuan berupa uang tunai sebesar Rp 285 juta diserahkan secara simblik oleh Direktur PT Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk Irwan Hidayat secara daring dan di lokasi penyerahan oleh Wahyu Widayani dari Sido Muncul kepada Bupati Semarang yang diwakili Sekretaris Dinas Kesehatan Bambang Pujiarto di joglo Agrowisata kompleks pabrik Sido Muncul, Bergas, Kabupaten Semarang.

Direktur PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk, Irwan Hidayat yang hadir secara daring, dalam sambutannya mengatakan, Sido Muncul sangat beruntung karena punya banyak kesempatan untuk melakukan perbuatan baik yang bermanfaat.

Untuk Kelima Kali

“Ini sudah ke lima kalinya kami memberikan bantuan untuk anak stunting. Pertama di Jakarta, kemudian Semarang, Bali, kembali ke Jakarta lalu sekarang dilaksanakan lagi di Semarang. Kami berharap angka penderita stunting di Indonesia dapat segera turun, sehingga terbentuk generasi penerus bangsa yang sehat dan bebas stunting,” ujar Irwan.

blank
Direktur PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Irwan Hidayat secara siblik menyerahkan bantuan senilai Rp 285 juta. Foto: R. Widiyartono

Untuk di Bergas Kabupaten Semarang bantuan diberikan bagi 95 anak suspect stunting selama enam bulanm yaitu April-September. “Kami berharap bantuan ini benar-benar membawa manfaat agar anak-anak Indoonesia makin sehat dan tumbuh baik,” kata Irwan.

Masing-masing anak menerima Rp500 ribu per bulan. Gagasan kami adalah memberikan bantuan itu langsung kepada para orang tua. “Setiap bulan, kami kirim (bantuan) dan orang tua (penerima bantuan) setiap bulan harus memberi laporan kepada kami. Ada kemajuan atau tidak untuk berat badan, tinggi badan dan pertumbuhan secara keseluruhan,” ujar Irwan.

Irwan menambahkan bantuan ini merupakan bentuk dukungan dan penyelarasan program CSR dari Sido Muncul dengan pemerintah dalam rangka mempercepat penurunan angka prevalensi stunting.

Irwan pun menegaskan bahwa Sido Muncul akan komit untuk terus melanjutkan bantuan ini. Menurutnya, program bantuan stunting amat strategis dan dibutuhkan anak Indonesia supaya dapat tumbuh dan berkembang.

Bupati Semarang yang diwakili Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Semarang Bambang Pujiarto, dalam sambutannya mengatakan, apa yang dilakukan oleh Sido Muncul ini diharapkan menjadi berkah bagi para penerima, sekaligus menjadi inspirasi bagi siapa pun yang ingin berbagi kepada sesama.

“Stunting pada anak-anak akan membawa stunting pada bangsa. Maka penanganan harus dilakukan secara terus-menerus. Bantuaqn Sido Muncul menjadi berkah bagi Kabupaten Semarang, dan ini merupakan investasi untuk menjadikan Kabupaten Semarang makins ehat dan makin baik pada masa mendatang,” ujar Bupati dalam sambutan tertulisnya.

Orang tua penerima bantuan hadir dalam kesempatan tersebut, bersama anak yang bersangkutan. Namun ada juga yang hadir bersama neneknya, karena ayah-ibu anak tersebut bekerja.

wied