Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji (kedua dari kiri) membalas jabat tangan kepada warga Desa Semanten, yang menyambut kedatangannya dalam acara Safari Ramadan 1445 H/2024.(Dok.Prokopim Pacitan)

PACITAN (SUARABARU.ID) – Semanten, adalah desa yang berada di wilayah Kecamatan Pacitan Kota, Kabupaten Pacitan, Jatim. Secara geografis, wilayahnya memiliki topografi yang didominasi gunung dan perbukitan.

Kondisi alam ini, tegas Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji, yang justru memiliki keunikan dan menjadikan sebagai ‘kekuatan’ serta memberikan nilai lebih bagi Desa Semanten.

Penegasan Bupati Indrata Nur Bayuaji ini, semalam, disampaikan dalam acara Safari Ramadan 1445 H/2024 di Desa Semanten, Kecamatan dan Kabupaten Pacitan. Lokasinya di Masjid Bening, Dusun Duwetan, Desa Semanten. Bupati hadir didampingi istri Ny Efi Indrata Nur Bayuaji. Juga hadir Sekda dan sejumlah Anggota DPRD dari Dapil Pacitan bersama para Pimpinan Dinas Instansi terkait dan Camat beserta jajaran Forkompimcam.

Bagian Prokopim Pemkab Pacitan, mengabarkan, Safari Ramadan di Desa Semanten, tersebut merupakan putaran yang Ke-10 dari 12 wilayah kecamatan se-Kabupaten Pacitan.

Santunan

Masyarakat yang menyambut Bupati bersama rombonganya, terlihat antusias meski bersamaan dengan kondisi guyuran hujan. Acara Safari Ramadan Bupati bersama rombongan, diawali dengan doa dan mahalul qiyam, mauidhoh hasanah, serta berbuka bersama dilanjutkan sholat Maghrib berjamaah.

Bupati dalam sambutannya, memberikan apresiasi kepada masyarakat Desa Semanten yang tetap guyup dalam menjaga kerukunan. Meskipun kondisi alamnya berbukit dan bergunung dengan mayoritas masyarakatnya bertani, namun hal tersebut patut disyukuri. ”Karena dengan bersyukur atas nikmat Tuhan, pasti akan dilebihkan anugerahnya,” ujar Bupati Indrata Nur Bayuaji.

Kepada masyarakat Desa Semanten, Bupati berpesan agar sikap guyup dalam menjaga persatuan dan kesatuan, dapat terus dikembangtumbuhkan, utamanya demi menjaga situasi agar kondusif, aman, damai, sejahtera.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati, menyerahkan bantuan sembako kepada kaum dhuafa, memberikan santunan kepada anak yatim piatu beserta para kyai kampung.
Bambang Pur