blank
Kapolres Wonogiri AKBP Andi M Indra Waspada Amirullah (berdiri di podium) menyampaikan pengarahan dalam Rakor Lintas Sektoral persiapan pengamanan Lebaran Idul Fitri 1445 H/2024.(Dok.Humas Polres Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Polres Wonogiri menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) lintas sektoral, yang membahas persiapan pengamanan Lebaran Idul Fitri 1445 H/2024. Utamanya dalam mempersiapkan pelaksanaan Operasi Ketupat Candi 2024.

Kasi Humas Polres Wonogiri AKP Anom Prabowo, mengabarkan, Rakor lintas sektoral digelar Senin (1/4) di Aula Sanika Satyawada. Tujuannya, untuk menyelaraskan langkah-langkah strategis yang diperlukan, dalam rangka mengamankan perayaan Labaran Idul Fitri 1445 H/2024.  Yakni dengan menyiapkan rencana langkah antisipasinya.

Rakor dipimpin Kapolres AKBP Andi M Indra Waspada. Ikut hadir Dandim 0728 Wonogiri diwakili Perwira (Pa) Siaga, Wakapolres Kompol Heru Sanusi bersama para Kapolsek se Jajaran. Juga hadir sejumlah Pimpinan Dinas Instansi, diantaranya Kepala Dinas Kesehatan Wonogiri, Kepala Dishub, Kasatpol PP, Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UMKM, Kepala Kemenag, dari Palang Merah Indonesia (PMI) dan pimpinan dinas instansi terkait lainnya.

Rakor membahas berbagai aspek terkait kesiapan pengamanan. Juga membicarakan kesiapan dan ketersediaan stok sembako, arus mudik dan arus balik, antisipasi iklim yang didasarkan pada perkiraan cuaca. Polres juga memetakan potensi kerawanan dan santisipasinya, juga menyusun strategi pengamanan, serta ploting penempatan personel. Harapannya, perayaan Lebaran Idul Fitri 1445 H/2024 di Kabupaten Wonogiri berjalan dengan aman, lancar, dan damai.

Kapolres AKBP Andi Muhammad Indra Waspada Amirullah, menekankan tentang pentingnya kerja sama lintas sektoral, guna menyatukan visi misi dalam menjaga keamanan pada momen perayaan Idul Fitri.

Pos Pantau

“Dengan koordinasi yang baik antarinstansi, akan menjadi kunci keberhasilan dalam menjaga ketertiban dan keamanan,” tandas Kapolres. Disebutkan, upaya pengamanan Lebaran dilakukan melalui Operasi Ketupat Candi 2024, yang akan dimulai Tanggal 4 sampai dengan Tanggal 16 April 2024.Selama Operasi Ketupat Candi berlangsung, Polres Wonogiri mendairikan 6 buah Pos. Terdiri atas masing-masing sebuah Pos Terpadu, Pos Pelayanan dan Pos Sinergitas TNI-Polri, serta 4 Pos Pengamanan.

Dalam Rakor Lintas Sektoral tersebut, juga dibahas tentang persiapan keamanan, kebutuhan transportasi, pelayanan dan pengaman arus mudik dan arus balik. Juga tentang langkah mengendalikan inflasi, dan memastikan ketercukupan stok bahan pokok bagi masyarakat.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Wonogiri, Waluyo, menyatakan, Rakor Lintas Sektoral merupakan langkah sinergitas yang dibarengi tanggung jawab bersama. Tujuannya, untuk memastikan  pelaksanaan pelayanan dan pengamanan Hari Raya Lebaran Idul Fitri 1445 H, dapat berlangsung dengan aman, lancar, tertib, dan damai.

Kami, tambah Waluyo, dari Dinas Perhubungan Kabupaten Wonogiri akan menurunkan 150 personel yang bertugas 10 pos pantau.
Bambang Pur