blank
Es gempol pleret Jepara. (Foto: foodess).

JEPARA (SUARABARU.ID)- Menu berbuka puasa dengan minuman yang manis menjadi pilihan utama bagi sebagaian orang. Apalagi minuman tersebut dipadukan dengan es, santan, sirup dan isian yang menambah sensasi dalam berbuka.

Salah satunya berbuka puasa dengan minuman es gempol pleret. Minuman khas Jepara ini terasa istimewa saat disajikan di bulan Ramadan. Nikmat juga dihidangkann setelah salat Tarawih. Minuman dengan campuran sirup, pandan dan santan ini terbuat dari tepung beras dan tepung kanji.

Dikutip dari buku “Kuliner Nusantara: Wedang & Es” (2018) karya Tim Primarasa terbitan Gaya Favorit Press. Bahan untuk pembuatan es gempol khas Jepara terdiri:

150 gram tepung beras, 1/4 sdt garam, 150 ml air mendidih, 25 gram tepung kanji, air untuk merebus Kuah santan, 1.000 ml santan dari 1/2 butir kelapa, 200 gram gula pasir, 1/4 sdt garam, 2 lembar daun pandan, ikat simpul 2 tetes pewarna merah.

Cara membuat es gempol khas Jepara:

1. Gempol: aduk rata tepung beras dan garam, lalu tuangi air mendidih sambil diaduk hingga rata. Tambahkan tepung kanji, uleni terus hingga adonan kalis. Bentuk adonan bulat sebesar kelereng, lalu tekan bagian tengahnya hingga cekung.

2. Didihkan air yang banyak dalam panci. Rebus gempol hingga terapung dan matang, tiriskan, sisihkan.

3. Kuah santan: rebus santan, gula, garam, dan daun pandan, tambahkan pewarna. Aduk dan masak santan hingga mendidih sambil ditimba-timba. Angkat, dinginkan.

4. Masukkan gempol ke dalam mangkuk atau gelas, tambahkan kuah santan. Sajikan bersama es batu. Selamat mencoba.

ua

blank