blank
Sejumlah pemudik mulai berangkat ke daerah tujuan 'pulang kampung' melalui terminal keberangkatan penumpang di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Rabu (27/3/2024). Foto: hp

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Jelang arus mudik Lebaran tahun 2024, PT Pelindo Multi Terminal Branch Tanjung Emas siap berikan layanan terbaik untuk para penumpang di Pelabuhan Tanjung Emas.

Diperkirakan, rute pelayaran di pelabuhan Tanjung Emas diperkirakan banyak menuju ke Ketapang, Sampit, Kumai, Pontianak, Tanjung Priok, Makassar, dan Karimun Jawa. Terminal Penumpang Pelabuhan Tanjung Emas sendiri memiliki luas sebesar 20.900 meter persegi dan mampu menampung hingga 1900 penumpang.

Branch Manager PT Pelindo Multi Terminal Branch Tanjung Emas, Hardianto, menyampaikan, pihak manajemen telah menyiapkan segala fasilitas di Terminal Penumpang guna memberi kenyamanan bagi para pemudik dan juga senantiasa menjaga kebersihan seluruh area Terminal Penumpang.

“Kami sudah mempersiapkan kebersihan seluruh area Terminal Penumpang seperti kebersihan di toilet, tempat ibadah, tempat bermain untuk anak dan berbagai fasilitas penunjang lainnya. Kami juga mempersiapkan 3 Gate Automation yang dapat dilalui penumpang bertiket dan membawa boarding pass,” katanya, Rabu (27/3/2024).

Tak hanya itu saja, Hardianto mengungkapkan, untuk menghindari cuaca panas dan hujan, pihak Pelindo menyiapkan sekitar 13 kanopi portable yang dipasang dari pintu keluar Terminal Penumpang menuju ke kapal untuk meningkatkan kenyamanan penumpang.

Hardianto memprediksi akan ada peningkatan jumlah penumpang dibanding dengan tahun lalu, dimana pada tahun 2023 jumlah penumpang mencapai 66 ribu pemudik, dan kemungkinan tahun 2024 akan meningkat 10-20 %.

“Untuk menjamin kelancaran angkutan lebaran, PT Pelindo Multi Terminal juga bersinergi dengan seluruh stakeholder maritim di Pelabuhan Tanjung Emas melakukan peninggian lining di area terminal penumpang menjadi 3,2 mlws agar aman menghadapi pasang surut air laut atau Rob,” katanya.

Dirinya menyatakan, dalam pelayanan arus mudik tahun 2024 ini, pihaknya berharap terdapat peningkatan jumlah penumpang dan peningkatan kualitas di Terminal Penumpang Tanjung Emas demi kenyamanan penumpang.

“Semoga kita yang menjalani mudik dapat sampai tujuan dengan aman dan selamat serta tidak ada halangan apa pun,” tutur Hardianto.

Sementara itu, Kepala Kantor KSOP Tanjung Emas, Herwanto, saat apel kesiagaan posko angkutan laut lebaran 2024, Selasa (24/3/2024), mengatakan, KSOP Pelabuhan Tanjung Emas telah mendirikan Posko Terminal Penumpang sebagai posko lapangan yang terletak di Terminal Penumpang Pelabuhan Tanjung Emas.

Pihaknya dalam pendirian posko tersebut menerjunkan sejumlah personel sebanyak 88 orang petugas yang berasal dari berbagai instansi unsur maritim Pelabuhan Tanjung Emas sebagai pelayanan arus mudik tahun 2024.

“Dengan komitmen, kolaborasi, koordinasi dan integritas, marilah kita bersama-sama berupaya agar penyelenggaraan Angkutan Laut Lebaran Tahun 2024/1445 H dapat berjalan dengan baik dan sukses,” kata Herwanto.

Hery Priyono