blank
Penandatanganan MoU DUDI antara UKSW dengan Saloka Theme Park. Foto: Dok/UKSW (27/3/2024)

SALATIGA (SUARABARU.ID) – Jejaring kerja sama Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) dengan Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI) semakin bertambah luas dengan ditandatanganinya Memorandum of Understanding (MoU) dengan PT. Panorama Indah atau dikenal dengan Saloka Theme Park, Rabu (27/3/2024).

PKS ditandatangani oleh Wakil Rektor Bidang Kerja Sama dan Kealumnian Prof. Yafet Yosafet Wilben Rissy, S.H., M.Si., LLM., Ph.D (AFHEA) dan Direktur PT. Panorama Indah Danny Agung Nugroho.

Kedua belah pihak sepakat melakukan kerja sama dalam hal pendidikan dan pengajaran, penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan juga pengembangan lembaga.

Prof. Yafet Yosafet Wilben Rissy dalam sambutannya menyampaikan, UKSW mengapresiasi kolaborasi ini dan siap untuk bekerja sama.

“Secara prinsip kita ingin menjadikan Saloka Theme Park sebagai live laboratory bagi mahasiswa dan dosen untuk mengaplikasikan ilmunya sekaligus untuk belajar langsung dari dunia industri. Dalam kerja sama ini banyak hal bisa kita kerjakan seperti magang, penyusunan kurikulum dan lainnya,” ungkapnya.

Disampaikannya, saat ini UKSW yang telah mendapatkan pengakuan internasional dengan Bintang 3 secara menyeluruh dari QS Stars Rating memiliki 14 fakultas dan 63 pilihan program studi. Karena itulah, kerja sama dapat dilakukan tidak terbatas hanya dalam bidang ilmu pariwisata saja, tetapi juga bagi bidang ilmu lainnya seperti manajemen, IT, hukum, manajemen event, pertunjukan dan lainnya.

“Kita membutuhkan effort untuk menindaklanjuti MoU ini dengan tindakan-tindakan yang lebih aplikatif sehingga tidak berhenti di level tanda tangan saja. Dengan begitu kerja sama ini akan memberikan banyak manfaat bagi kedua belah pihak dan juga masyarakat,” imbuhnya.

Prof. Yafet juga menekankan agar penandatanganan PKS ini segera ditindaklanjuti dengan kegiatan yang lebih konkret yang sifatnya aplikatif sehingga memberikan banyak manfaat terutama bagi masyarakat.

Sementara itu, Managing Director Saloka Theme Park Teddy Darmanto dalam sambutannya mengatakan, dengan penandatanganan MoU para pihak dapat bekerja sama lebih luas. Saloka Theme Park diharapkan bisa menjadi sebuah laboratorium di masyarakat yang dapat berguna untuk pendidikan formal baik dalam bentuk magang dan lainnya.

“Kami ingin tularkan kepada masyarakat bagaimana sebuah manajemen tempat rekreasi bisa juga menjadi tempat pembelajaran. Bagaimana membangun industri pariwisata yang bisa menciptakan lapangan kerja dan juga pemberdayaan lingkungan. Semoga ini bisa menjadi embrio yang ke depannya akan bermanfaat untuk civitas academica, masyarakat luas dan juga Saloka Theme Park,” katanya.

Selain dengan UKSW, Saloka Theme Park juga menandatangani kerja sama dengan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

Ning S