SMK Kristen1 Magelang
Para siswa SMK Kristen 1 Magelang saat membagikan takjil bagi masyarakat yang sedang melintas di Jalan Diponegoro, atau depan SMK Kristen 1 Kota Magelang, Rabu ( 27/3/2024).Pembagian takjil tersebut bertujuan untuk menumbuhkan semangat berbagi dan kepedulian bagi para siswa, dan dalam rangka aksi puasa bulan Ramadan dan juga aksi Paskah. Foto: W. Cahyono

MAGELANG (SUARABARU.ID)- Para siswa Sekolah Menengah Kejuruan ( SMK) Kristen 1 Magelang di bulan Ramadan ini membagikan takjil bagi umat Islam yang sedang menuaikan ibadah puasa. Pembagian takjil tersebut dilaksanakan di depan SMK Kristen 1  Jalan Diponegoro, Kota Magelang, Rabu ( 27/3/2024).

“Pembagian takjil ini bertujuan  untuk menumbuhkan semangat berbagi dan kepedulian bagi para siswa. Pembagian 120 paket takjil ini juga dalam rangka aksi puasa bulan Ramadan dan juga aksi Paskah,”kata Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan SMK Kristen 1 Magelang, Sri Susiyanti di sela-sela pembagian takjil, Rabu, (27/3/2024) sore.

Sri Susiyanti mengatakan, aksi bagi-bagi takjil gratis tersebut juga untuk  meningkatkan rasa toleransi para siswa bagi sesama, khususnya masyarakat yang saat ini menjalankan ibadah puasa. Pembagian takjil ini, juga sebagai wujud nyata rasa persaudaraan tanpa membedakan suku, agama, ras dan antargolongan.

Menurutnya,kegiatan tersebut juga dalam penerapan kurikulum merdeka di SMK Kristen 1 Magelang, yakni proyek penguatan profil pelajar Pancasila ( P5). Selain itu, langkah tersebut juga untuk mengenalkan kepada masyarakat luas tentang SMK Kristen 1 Magelang.

“Saat ini di SMK Kristen 1 Magelang yang ada di bawah naungan Yayasan Perserikatan Kristen terdapat dua program studi. Yakni,  Akutansi Keuangan Lanjutan dan Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran,”imbuhnya.

Susiyanti mengatakan, untuk pembagian takjil gratis tersebut melibatkan seluruh siswa, guru dan karyawan di SMK Kristen 1 Magelang. Para siswa tidak hanya membagi-bagikan takjil kepada masyarakat, melainkan mereka terlibat mulai persiapan, sedangkan guru hanya mengkoordinirnya.

“Adapun anggaran untuk takjil ini berasal dari donasi para siswa, guru dan karyawan,”katanya.

Ia menambahkan, dalam rangka berbagi takjil di bulan Ramadan  dan aksi Paskah, para siswa kelas X dan XI juga membantu pelaku usaha kecil menengah  dengan  membuatkan label nama dan banner usaha.

Wahyu Putri Ajeng Maharani, salah satu siswa XII jurusan Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran mengatakan, aksi yang dilakukan para siswa, guru dan karyawan SMK Kristen 1 Magelang bagi-bagi takjil dalam rangka meningkatkan nilai-nilai toleransi beragama.

“ Kami sangat antusias untuk membagikan takjil, bagi saudara-saudara kami umat Islam yang sedang menjalankan ibadah puasa,”katanya. W. Cahyono