blank
Dalam Safari Ramadan di Masjid Hasal Al-Jamili, Dusun Kaligoro, Desa Sumberejo, Kecamatan Sudimoro, Kabupaten Pacitan. Bupati Indrata Nur Bayuaji mengajak jamaah melantunkan Sholawat Badar bersama-sama.(Dok.Prokopim Pacitan)

PACITAN (SUARABARU.ID) – Lantunan Sholawat Badar menggema di Masjid Hasal Al-Jamili, Dusun Kaligoro, Desa Sumberejo, Kecamatan Sudimoro, Kabupaten Pacitan. Pujian kepada Rasulullah serta para Mujahid perang Badar ini, dilantunkan bersama atas ajakan Bupati Indrata Nur Bayuaji.

Sholawat Badar dikarang oleh KH M Ali Manshur sekitar Tahun 1960-an. Kiai Ali Manshur, memiliki garis keturunan berdarah ulama besar. Dari ayah, tersambung hingga Kiai Shiddiq Jember,  sedangkan dari jalur ibu, tersambung dengan Kiai Basyar, seorang ulama di Tuban.

Bagian Prokopim Pemkan Pemkab Pacitan, semalam, mengabarkan, lantunan Sholawat Badar bersama-sama itu, ditampilkan sebelum Bupati menyampaikan sambutan pada Safari Ramadan 1445 H/2024. Orang nomor satu di Pacitan itu, juga mengajak jamaah untuk melantunkan pula Sholawat Tibbil Qulub.

Harapannya, ini dapat menjadi kebaikan untuk masyarakat Kabupaten Pacitan. Safari Ramadan Bupati beserta rombongan, diawali dengan doa dzikir tahlil, maulidur rasul dilanjutkan mahalul qiyam, mauidloh hasanah, dirangkai dengan acara buka bersama serta Sholat Maghrib berjamaah.

Dalam kesempatan itu, Bupati menyerahkan santunan anak yatim piatu, bantuan untuk dhuafa juga kepada para Kyai Kampung. Bupati berharap, semoga masyarakat Pacitan, masyarakat Sudimoro, khususnya masyarakat Desa Sumberejo, semakin sejahtera bahagia serta dijauhkan dari balak dan cobaan.

Ikut dalam rombongan Safari Ramadan, Wakil Bupati, Gagarin, berserta sejumlah Anggota DPRD, Danlanal Pacitan, Sekda Pacitan, sejumlah Pimpinan Perangkat Daerah serta Ketua dan Pengurus Tim Penggerak (TP) PKK.

Selain silaturahmi dalam rangka Safari Ramadan, Bupati melanjutkan acara kunjungan kerja di Kecamatan Sudimoro. Yakni dengan menghadiri Sarasehan Santri Ngaji Ungkuk di Dusun Krajan, Desa Sukorejo, serta hadir di Majelis Dzikir Jamaah Al Khidmah di Dusun Rejoso, Kecamatan Sudimoro.
Bambang Pur