blank
Pengungsi banjir yang berada di Posko Pengungsi Getaspejaten mulai dipulangkan. Foto:Ali Bustomi

KUDUS (SUARABARU.ID) – Sepekan pasca terjadinya banjir di beberapa wilayah di Kabupaten Kudus, masyarakat yang mengungsi kini mulai kembali ke rumah masing-masing.

Kondisi banjir yang berangsur surut menjadi satu alasan masyarakat untuk kembali dari sejumlah posko pengungsian di Kudus.

Kepulangan warga ke rumah masing-masing dibantu oleh kendaraan dari Polres Kudus, Kodim 0722/Kudus, BPBD Kudus, instansi terkait serta relawan, Minggu (24/3).

“Hari ini kita bantu warga yang akan pulang ke rumahnya masing-masing. Kita gunakan armada pengangkut, ada truk dan mobil patroli Backbone Polsek,” terang Kapolres Kudus, AKBP Dydit Dwi Susanto melalui Kasat Samapta, AKP Ngatmin saat di lokasi pengungsian gedung Graha Mustika Getas Pejaten.

Hari ini proses pemulangan warga sementara untuk pengungsian dari Gedung Graha Mustika, Balai Desa Getas Pejaten dan Balai Desa Payaman kami antar ke rumah masing-masing.

Seperti diketahui, total pengungsi warga terdampak banjir Kudus – Demak di Posko Graha Mustika Getas Pejaten berjumlah 431 jiwa.

“Hari ini berkurang 135 jiwa dan sisanya masih bertahan merupakan warga Karanganyar Demak dan sebagian warga Desa Jetis kapuan,” tandas AKP Ngatmin.

Meski demikian, dari data BPBD Kabupaten Kudus, total pengungsi yang masih bertahan di posko pengungsian masih mencapai 2 ribuan lebih.

Sebagian dari mereka dijadwalkan akan dipulangkan pada Selasa (26/3) ketika air sudah benar-benar surut.

Ali Bustomi