blank

JEPARA(SUARABRU.ID) – Kelompok Kerja Guru (KKG) Gugus Elang Kecamatan Mlonggo menguatkan komitmen berbahasa Indonesia yang baik dan benar. Menyadari pentingnya komitmen tersebut, komunitas belajar para guru di Dabin III Satuan Koordinasi Pendidikan (Satkordik) Kecamatan Mlonggo itu, Sabtu (23/3/2024), menggelar kegiatan bertajuk Pantai Gula: Penguatan Literasi dan Numerasi untuk Guru Kelas. Acara yang berlangsung di SDN 5 Jambu itu dibuka Pengawas Dabin 3 Tyas Titik.

“Kemampuan literasi baca tulis, numerasi, dan lingkungan menjadi salah satu tolok ukur pendidikan. Penting bagi kita untuk melakukan penguatan semua jenis literasi tersebut. Bagaimana kita akan mengajak anak-anak meningkatkan literasi kalau kita sendiri belum belajar,” kata Tyas Titik saat menyampaikan sambutan.

Dia berharap, dalam penguatan literasi baca dan tulis para guru di wilayah kerjanya bersemangat untuk terus belajar KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) dan EYD (Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan.

“Saya harap kegiatan ini berdampak positif dalam rangka peningkatan literasi,” tambahnya.

Ketua KKG Dabin III Hana Wijayanto mengatakan kegiatan ini diikuti seluruh guru kelas dari sepuluh SD yang ada di wilayah tersebut. “Dari kegiatan ini para guru mendapat tugas menyusun komik buku digital. Tulisannya harus sesuai dengan ketentuan pembakuan bahasa Indonesia dalam EYD dan KBBI,” tambahnya.

blank

Kegiatan belajar yang dipandu Fera Agustina dari SDN 5 Jambu, menghadirkan dua narasumber. Teknik pembuatan buku digital disampaikan Nanik Yuliawati, guru SDN 6 Jambu. Sedangkan penguatan KBBI dan EYD disampaikan penyusun naskah sambutan yang juga jurnalis Pemkab Jepara Sulismanto.

Hadepe