blank
Ketua DPRD Kudus H Masan memimpin langsung pengurugan ruas jalan Tanjungkaranh. Foto:Ali Bustomi

KUDUS (SUARABARU.ID) – Ketua DPRD Kudus H Masan memimpin langsung pengurugan ruas jalan Tanjungkarang dekat Kelenteng yang rusak parah akibat banjir, Sabtu (23/3). Pengurugan ini merupakan langkah darurat agar ruas jalan tersebut lebih lancar dilalui kendaraan.

Sebelumnya, ruas jalan yang menghubungkan Kudus-Purwodadi tersebut rusak parah akibat tergerus banjir. Seluruh badan jalan sepanjang sekitar 10 meter berlubang besar dan selalu tergenang air.

Kondisi tersebut membuat kendaraan roda dua tidak bisa lewat dengan nyaman dan harus menghindar ke sisi jalan. Sementara, kendaraan roda empat harus mengurangi kecepatan dan bahkan sering membuat bempernya tersangkut lubang yang tertutup air.

Saking kesalnya, warga sekitar sempat menanami ruas jalan tersebut dengan pohon pisang. Upaya tersebut dilakukan aenagau protes agar ruas jalan tersebut segera diperbaiki.

Ketua DPRD Kudus, H Masan mengatakan ruas jalan tersebut sebenarnya berstatus jalan provinsi. Namun yang merasakan dampak akibat kerusakan tersebut sebagian besar adalah warga Kudus karena ruas jalan tersebut merupakan penghubung utama Kecamatan Undaan dengan wilayah Kudus lainnya.

Kerusakan diperparah dengan banjir yang lebih dari sepekan menggenangi jalan penghubung antara Kabupaten Kudus dengan Purwodadi di KM 5.

“Sebagai langkah darurat, kerusakan jalan ini diurug dengan batu putih dan pasir untuk menutup lubang dan menghilangkan genangan air,”kata Masan, Sabtu (23/3).

Menurutnya, jika tidak segera dilakukan langkah darurat, kerusakan jalan tersebut cukup membahayakan bagi pengguna jalan.

Lebih lanjut, Masan menambahkan ruas jalan Kudus-Purwodadi tersebut dilakukan pengecoran setelah lebaran 2024 ini. Realisasi anggaran dari Bina Marga Provinsi Jawa Tengah tahun 2024 turun. Namun, rencana jalan tersebut akan di Cor beton sehabis lebaran ini.

“Ini bersifat darurat karena kerusakan tersebut diakibatkan banjir, maka demi kelancaran pengguna jalan kami ratakan yang parah-parah menjadi baik” ujarnya.

Harapannya, semoga dapat membuat lebih nyaman, untuk pengguna jalan terutama bagi warga yang tiap hari selalu melintas di jalan ini.

Ali Bustomi