blank
PKBM Kawasan Candra Mandiri Sadang Kebumen mengadakan pembelajaran dan pelatihan membatik Minggu 17/3.(Foto:SB/PKBM KCM)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Bertempat di Padepokan Omah Pasinaon RT 03 RW 02 Sadangkulon Kecamatan Sadang, Kebumen, Minggu (17/3) PKBM Kawasan Candra Mandiri Sadang mengadakan pembelajaran dan pelatihan keterampilan membatik.

Kegiatan tersebut diikuti sejumlahpeserta didik dari Program Kesetaraan Paket A, B, dan C dengan antusias dan penuh semangat.

Salah satu peserta didik Indrawati dari Kelas 8, mengungkapkan, kegiatan pelatihan membatik sangat menyenangkan.

“Saya dan teman-teman sangat berharap pelatihan membatik ini bisa diteruskan, sampai ke tingkat berikutnya.”ucap Indrawati.

blank
Peserta laki-laki PKMB Kawasan Candra Mandiri ikut pelatihan membatik Minggu 17/3.(Foto:SB/PKBM KCM)

Menurut Kepala PKBM Kawasan Candra Mandiri Nurnakhudin SPdI. kegiatan tersebut merupakan kegiatan lanjutan life skill  dengan tujuan memotivasi peserta didik agar memiliki jiwa kemandirian dan jiwa kewirausahaan.

Pada pelaksanaan pelatihan membatik kali ini PKBM mendatangkan instruktur batik Rusmiyati, dari Jatimulyo, Alian.

Nurnakhudin menambahkan, PKBM Kawasan Candra Mandiri yang terletak di Sadangkulon di Kebumen utara itu berdiri sejak tahun 2007 dan mulai berkembang pada tahun 2017 dengan melayani program Pendidikan Kesetaraan A. B, dan C.

“Selain ituPKBM Kawasan Candra Mandiri kami juga mengembangkan PAUD, Taman Bacaan Masyarakat (TBM), Kajian Agama Islam, Sekolah Desa dan Program Tahfizhul Quran.” Jelas Nurnakhudin .

Komper Wardopo