blank
Gerakan cemplungan dalam kelas MI Miftahul Huda Tegalsambi Tahunan Jepara

JEPARA (SUARABARU.ID) – Dalam rangka mengajarkan kepedulian sosial kepada sesama dan gerakan gemar bersedekah, Raudlatul Athfal Nahdaltul Ulama (RA NU) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) Miftahul Huda Tegalsambi Tahunan Jepara melakukan gerakan suka rela melalui cemplungan kepada guru dan siswa selama 2 hari.

“Kami mengajak bapak-ibu guru dan siswa untuk menyisihkan sebagian uang belanja dan uang sakunya selama 2 hari Selasa dan Rabu (19-20/3) untuk didonasikan kepada siswa yang rumahnya terdampak banjir pada Ahad 17 Maret kemarin,” kata Aminatur Rohmah Kepala MI Miftahul Huda.

“Selanjutnya dari hasil cemplungan tersebut kami belikan sembako untuk diserahkan kepada keluarga siswa yang terdampak banjir yang cukup parah pada Minggu lalu,” ujar Aminah. Ia menjelaskan ada 11 siswa MI yang rumahnya terdampak banjir yang tersebar di 3 RT yaitu: RT 9, RT 10 dan RT 11 di wilayah RW 2 Desa Tegalsambi.

blank

blank
Penyerahan bantuan untuk murid terdampak banjir oleh kepala MI Miftahul Huda Tegalsambi Tahunan Jepara

Sementara itu, Kepala RA NU Tegalsambi Hj. Kholilah menambahkan, pihaknya mendistribusikan sumbangan sebanyak 23 paket untuk siswa terdampak banjir di RT 01 RW 01 dan RT 09, RT 10, RT 11 RW 02.

“Musibah banjir yang terjadi pada hari Ahad lalu, menyebabkan rumah warga tergenang dan banyak sekali anak yang izin tidak bisa masuk sekolah. Kami mendatanya kemudian berinisiatif mengajak siswa untuk saling tolong menolong dan membantu sesama”, kata Kholilah.

blank
Penyerahan bantuan untuk murid terdampak banjir oleh kepala MI Miftahul Huda Tegalsambi Tahunan Jepara

“Jika dilihat dari nominal bantuan, mungkin jumlahnya tidak seberapa, tetapi nilai pendidikan yang kita tanamkan kepada peserta didik akan membentuk karakter dan budi pekerti untuk peduli kepada sesama,” lanjut Kholilah.

Ketua Pengurus Yayasan Tarbiyatul Islamiyah Miftahul Huda Tegalsambi Adib Murtadlo sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh RA NU dan MI Miffahul Huda Tegalsambi.

“Kami menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setingi-tingginya atas kegiatan kepedulian sosial yang telah dilakukan RA dan MI. Ini wujud komitmen kita dalam rangka Harlah ke-58 YTI Miftahul Huda yang jatuh pada tanggal 19 Maret 2024,”pungkas Adib.

Sindi – Zank