blank
Kegiatan operasi keselamatan lalu lintas candi Polda Jateng. Foto: Dok/Bidhumas (17/3/2024)

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Satake Bayu Setiantp menyebut, operasi keselamatan lalu lintas yang dilaksanakan menjelang operasi ketupat ini untuk meningkatkan disiplin dan kesadaran masyarakat tentang aturan lalu lintas serta keselamatan di jalan raya.

Satake mengatakan, ada sejumlah kegiatan yang menjadi unggulan Polda Jateng dalam implementasi upaya preemtif dan preventif di lapangan pada operasi keselamatan ini.

“Kegiatan-kegiatan ini menjadi ciri khas atau unggulan jajaran Polda Jateng dalam operasi keselamatan Lalu Lintas. Sasaran prioritasnya adalah kalangan muda dan awak angkutan umum,” kata Satake, Minggu (17/3/2024)

Menurutnya, kegiatan unggulan ini, dilaksanakan menyeluruh di 35 Polres yang ada di Jawa Tengah. Kegiatan unggulan Polda Jateng tersebut antara lain :

1. Ramp Check Kendaraan Umum

Ramp check kendaraan adalah kegiatan memeriksa kelengkapan kendaraan, untuk mengetahui kesiapan kendaraan untuk beroperasi di jalan raya.

Pada kegiatan ini, jajaran Polda Jateng tidak bekerja sendirian. Mereka bekerja-sama dengan dinas perhubungan di masing-masing kota.

“Adapun kegiatan menyasar ke terminal angkutan umum atau garasi kendaraan baik angkutan barang maupun penumpang,” terangnya.