JEPARA ( SUARABARU. ID) – Banjir di Jepara kini meluas. Sejak Jumat (15/3-2024) Desa Dorang Kecamatan Nalumsari, Jepara dilanda banjir dengan ketinggian air rata rata 180 Cm.

Menurut penduduk Desa Dorang Norsalim, banjir ini
lebih besar dari yang lalu. Sedang dukuh yang dilanda banjir adalahdukuh Dorang RW 2 RT 1.2.3.4.5.6 dan Dukuh Gempol Tapen RE 3 RT. 1.2.3.4.5.6.7. ” Air terus naik dan luas areal terdampak semakin luas, ” tuturnya.

Kini warga telah mulai mengungsi ke wilayah yang masih aman. “Evaluasi warga dilakukan oleh tim BPBD Jepara bersama relawan, ” terangnya.

Disamping perumahan penduduk, ratusan haktar tanaman yang siap panen juga tenggelam. ” Jika air tidak segera surut dikawatirkan tanaman padi akan rusak, ” terangnya

Padi yang sudah menguning dan siap panen sekitar 1 minggu lagi terendam air. Bahkan kabar nya sudah dibeli bakul dan sudah dikasih DP tinggal potong padi malah kena karena banjir.

Kepala Pelaksana BPBD Jepara Noor Isdiyanto membenarkan terjadinya banjir di Desa Dorang. “Kami telah terjunkan tim untuk melakukan evakuasi dan membuka dapur umum, ” terangnya. Banjir terjadi karena limpasan sungai SWD 1

Hadepe