blank
Salah seorang sarjana baru tengah menjalani proses wisuda sekaligus menerima ijazah, 9/3/24. Foto: Dok Bagus Adji

SURAKARTA (SUARABARU.ID) – Universitas Muhammadiyah Surakarta(UMS) mewisuda 2.164 Sarjana Baru lulusan setempat dan 1.165 di antaranya berpredikan Cumlaude  pada Wisuda Sarjana Periode III Tahun Akademik 2023/2024.

Upacara penganugerahan gelar akademik bagi  lulusan program S 1, Pragrom Pascasarjana,  (S2)  dan program Doktor (S3) dipimpiSn  Rektor Prof Dr Sofyan Anif Msi, Sabtu (9/3).

Dalam upacara penganugerahan gelar akademik juga turut diwisuda dua wisudawan dari luar negeri yakni Miss Musfeeroh Dorkhor dari Thailandsa serta  Lamin  Kaira asal Sierra Leon.

Rektor Prof Dr Sofyan Anif MSi dalam sambutannya menyatakan, wisuda merupakan momentum penting  bagi lulusan perguruan tinggi, yang dapat dimaknai sebagai akhir proses pembelajaran secara formal.

Wisuda juga bisa diartikan sebagai masa pelepasan atas tugas-tugas akademik bagi peserta program pendidikan. Proses pendidikan yang telah ditempu peserta program Diploma, Sarjana dan Magister di lingkungan UMS temntu saja  disertai berbagai  pengalaman baik yang menyenangkan dan juga kurang menyenangkan bagi para lulusan.

Karena di samping tuntutan  sebagai mahasiswa adalah  menyelesaikan segala tugas akademik di kampus, juga mempunyai kewajiban lain yaitu dalam profesi saudara masing-masing. Untuk itu saya ucapkan sxelamat dan sukses atas keberhasilan yang telah dicapai.

Kiranya perlu disadari bahwa gelar akademik merupakan salah satu bentuk amanah yang harus diamalkan untuk kesejahteraan umat.Untuk beramal diperlukan semangat, kerjakeras, ketulusan, keikhlasan dan juga keteguhan hati.

Nilai-nilai inilah yang harus dipegang teguh didalam para lulusan mengamalkan ilmu  untuk masyarakat. Insyaallah  dengan keiklhasan dan juga keteguhan hati, Allah SWT akan selalu meridhoi segala usaha  yang kita lakukan.

“Saya mewakili sivitas akademika UMS merasa bangga dan memberikan penghargaan yang tulus dan sebesar besarnya atas usaha serta perjuangan yang telah saudara tempuh, karena semangat yang tertanam dibenak saudara sekalian para mahasiswa yang akhirnya membuahkan  hasil menggembirakan. Yakni dikukuhkannya gelar akademik dalam jenjang yang lebih tinggi.Semoga dengan gelar Ahlimadya, Sarjana  dan Magister  yang diperoleh akan menjadi motivasi  di dalam kehidupan karier dimasa  mendatang,” jelas Rektor UMS.

Bagus Adji