blank
Kemenpora RI berharap, Rapat Anggota KOI 2024, bisa menelurkan kebijakan dan rekomendasi strategis, terkait DBON. Foto: kemenpora.go.id

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Staf Ahli Bidang Hukum Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI), Samsudin berharap, Rapat Anggota Komite Olimpiade Indonesia (KOI) 2024, bisa menelurkan kebijakan dan rekomendasi strategis, terkait Desain Besar Olahraga Nasional (DBON).

Hal itu seperti yang disampaikan Samsudin, mewakili Menpora RI Dito Ariotedjo, saat menghadiri pembukaan Rapat Anggota KOI, di Fairmont Hotel Indonesia, Jakarta, Jumat (8/3/2024). Rapat Anggota KOI ini diagendakan, untuk membahas hal-hal strategis terkait dengan persiapan menuju Olimpiade Paris 2024.

”Rapat anggota ini merupakan bagian dari soliditas komitmen para pengurus cabang olahraga, dan juga para atlet. Sehingga pada saat di olimpiade nanti, betul-betul bisa mencapai target yang diinginkan Pemerintah Indonesia,” kata Samsudin, seperti dikutip dari laman resmi Kemenpora.

BACA JUGA: Beda Awal Puasa, Kemenag Minta Masyarakat Kedepankan Saling Menghormati

Menurut dia, pihaknya mendukung apa yang nanti menjadi bagian dari keputusan rapat anggota KOI. Pasalnya, apa yang sudah dilakukan pengurus dan anggota KOI, tidak terpisahkan dari komitmen Kemenpora, untuk menjadikan ajang olahraga yang lebih baik lagi dari sebelum-sebelumnya.

”Kalau kita memang sungguh-sungguh memprioritaskan, menekuni, kemudian betul-betul menyiapkan sebaik mungkin, persiapan-persiapan untuk meraih prestasi, itu akan terwujud di kemudian hari. Hal ini ini sejalan dengan apa yang disampaikan Mas Menteri Dito,” papar dia lagi.

Samsudin berharap, rapat anggota ini bisa melahirkan kebijakan dan rekomendasi-rekomendasi strategis, yang merupakan bagian dari turunan DBON yang sudah ada.

BACA JUGA: Bank Jateng Cabang Cilacap Serahkan Bantuan Pembangunan Ikon Desa Wisata Jetis

”DBON merupakan panduan utama yang harus kita turunkan, menjadi sebuah langkah-langkah konkret. Ini bisa memotivasi dan meningkatkan prestasi olahraga ke depannya, agar lebih baik lagi, khususnya di olimpiade yang akan dihadapi nanti,” tandas Samsudin.

Sementara itu, Ketua Umum KOI, Raja Sapta Oktohari menjelaskan, melalui rapat anggota ini, pihaknya akan membawa rekomendasi dan usulan-usulan terhadap pengembangan olahraga Indonesia kepada pemerintah, untuk dapat dilanjutkan oleh pemerintahan selanjutnya.

”Dukungan dari seluruh stakeholder olahraga Indonesia, terutama yang hadir dalam kesempatan kali ini, sangat dibutuhkan untuk bisa bergandeng tangan menjaga Merah Putih melalui olahraga,” sebut dia.

Rapat anggota yang dihadiri perwakilan 65 slot88 federasi Nasional KOI ini, dibuka Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Suharso Monoarfa.

Riyan