ANTRI - Warga harus antri untuk mendapatkan paket sembako murah pada Gerakan Pangan Murah yang digelar DPKP Kabupaten Brebes kerjasama Perum Bulog Cabang Tegal. (Foto: Humas Pemkab Brebes)

BREBES (SUARABARU.ID) – Menjelang Ramadhan 1445 Hijriyah, harga beras di pasaran masih tinggi. Menyikapi hal tersebut Pemerintah Kabupaten Brebes melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Brebes kerjasama Perum Bulog Cabang Tegal kembali menggelar Gerakan Pangan Murah (GPM) di halaman Dinas setempat, Rabu (6/3/24).

Ratusan warga, sudah datang di lokasi penjualan paket GPM sejam sebelum acara dimulai. Sehingga dalam sekejap, 600 paket dagangan murah tersebut ludes di serbu pembeli.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Brebes Ir Yulia Hendrawati MSi menjelaskan, GPM bekerja sama dengan Perum Bulog Cabang Tegal, Kelompok/Gapoktan dan Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA) dan PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI).

Antusias masyarakat berbondong-bondong memanfaatkan momen tersebut untuk membeli kebutuhan pokok seperti, beras, gula dan minyak goreng yang dinilai sangat membantu, karena harga di pasaran sangat tinggi. Tujuan dari digelarnya GPM ini yaitu untuk membantu masyarakat, terlebih sebentar lagi memasuki bulan suci ramadhan yang biasanya harga-harga bahan pokok melambung.

“Seperti kondisi sekarangpun harga beras medium di pasaran mencapai Rp 16 ribu per kilogram. Untuk itu, gerakan pangan murah ini diharapkan bisa membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pangannya, sasarannya adalah masyarakat umum yang membutuhkan program pemenuhan pangan,” ujar Yulia.

Yulia menambahkan, pihaknya bekerjasama dengan Bulog menyediakan 600 paket yang isi per paketnya adalah 5 kg beras, 1 kg gula pasir dan 1 liter minyak goreng, dengan harga per paket Rp 85.000.

Perum Bulog menyiapkan 600 paket seharga Rp 85 ribu per paket berisi beras 5 kg, gula 1 kg dan minyak goreng 1 liter. Sedangkan dari Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA) dan PT PPI (Perusahaan Perdagangan Indonesia) juga ikut menyediakan Beras sebanyak 2 ton beras dengan harga Rp 65 ribu per 5 kg, telur Rp 28 ribu per kg, minyak goreng Rp 14.500 per liter, dan juga frozen food seperti, sosis, nugget an lainnya.

Salah seorang pembeli Siti (38) mengaku sangat terbantu dengan adanya GPM yang digelar oleh Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Brebes. Karena dapat membeli beras dan bahan pokok lainnya dengan harga di bawah pasaran. Siti berharap, harga-harga kebutuhan pokok lainnya yang ada dipasaran secepatnya menurun.

Sutrisno