Bupati Blora Launching RSU tipe D, RS Samin Surosentiko Randublatung Blora. Senin, 4 Maret 2024. Foto: Kudnadi Saputro Blora

BLORA (SUARABARU.ID) — Peresmian Rumah Sakit Umum (RSU) tipe D yakni RS Samin Surosentiko Randublatung Blora saat ini bertepatan dengan tiga tahun kepemimpinan H. Arief Rohman dan Tri Yuli Setyowati sebagai Bupati Blora dan Wakil Bupati Blora, Senin, (4/3/2024).

Direktur RSUD Samin Surosentiko Randublatung, dr.Hartono mengemukakan bahwa untuk sementara rumah sakit yang dipimpin baru bisa melayani pasien umum. Namun demikian pihaknya akan berupaya bisa memberi layanan untuk pasien BPJS.

‘’Kami akan berupaya, karena sejatinya persyaratan untuk bisa melayani pasien BPJS harus melalui tahapan akreditasi. Kami akan berupaya, setelah tahapan akreditasi terlalui segera kerjasama dengan BPJS,’’ ujar dr. Hartono.

Saat launching RSU tipe D tersebut, Bupati Blora, H. Arief Rohman berharap RSU Samin Surosentiko Randublatung segera mengupayakan untuk pasien BPJS, di samping itu diharapkan bisa menghandel layanan kesehatan bagi warga di Blora Selatan.

‘’Segera diurus supaya RSU ini bisa melayani pasien BPJS. Mudah-mudahan bisa memberi layanan kesehatan secara maksimal untuk warga di Blora Selatan,’’ kata Bupati Blora.

Bupati Blora minta agar RSUD Randublatung segera bekerja sama BPJS Kesehatan di tahun ini. Mengingat Kabupaten Blora sudah Universal Health Coverage (UHC) di atas 95 persen. Sehingga harapannya pasien dengan BPJS nantinya bisa segera terlayani.

“Diharapkan juga pada tahun ini juga sudah bisa melayani BPJS Kesehatan. oleh karena itu dari manajemen kami minta untuk membuat tahapan-tahapannya, time schedule-nya,” harap Bupati Blora.

Atas penekanan Bupati Blora, Kepala Dinkes Blora,  Edy Widayat menyatakan bahwa akan segera mengupayakan agar RSU Samin Surosentiko  Randublatung bisa segera melayani pasien BPJS.

‘’Target kami akhir tahun ini sudah bisa melayani pasien BPJS,’’ tandas Kepala Dinkes Blora.

Untuk diketahui, dengan dimulainya layanan di RSU Samin Surosentiko Randublatung, melengkapi janji Bupati Blora, untuk mengadakan layanan kesehatan bagi warga Blora, khususnya untuk warga di wilayah blora Selatan.

Sebelumnya, janji serupa untuk warga Blora di bagian Barat juga terlaksana, yakni telah beroperasionalnya RS Bhayangkara di Kunduran, Blora.

Di wilayah Blora Selatan, saat ini penduduknya sudah lumayan banyak, bahkan untuk Randublatung jumlah penduduknya nomor dua di Blora. Untuk itu tekad Bupati Blora untuk mendirikan RS Randublatung diharapkan  bisa melayani warga dari Randublatung, Kecamatan Jati, Kecamatan Kradenan. Bahkan nanti dari perbatasan Purwodadi atau perbatasan Ngawi,  dan juga mungkin sebagian Kecamatan Kedungtuban.

Kudnadi Saputro