blank
SEMBAKO - Dandim Batang Letkol Inf Ahmad Alam Budiman menyerahkan sembako murah kepada warga. (Foto: Diskominfo)

BATANG (SUARABARU.ID) – Menyikapi tingginya harga kebutuhan pokok masyarakat (Kepokmas) di pasar-pasar tradisional, Kodim 0736/Batang bersama Bulog dan Pemkab Batang menggelar pasar murah, untuk membantu warga memperoleh sembako dengan harga lebih terjangkau.

Sebanyak 400 paket sembako berisi 5 kilogram beras Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP), gula 1 kilogram, minyak goreng 1 liter seharga Rp 85 ribu. Di samping itu, disiapkan pula 200 kilogram telur.

Dandim Batang Letkol Inf Ahmad Alam Budiman menyampaikan, program ini digelar untuk memudahkan masyarakat mendapatkan sembako dengan harga di bawah pasar.

“Sasaran kami bagi masyarakat di sekitar wilayah Kodim dan Pemda yang mayoritas mengeluhkan harga Kepokmas seperti beras, minyak, gula dan telur yang cukup tinggi di pasaran,” katanya, saat ditemui usai membuka pasar murah di halaman Makodim Batang, Kabupaten Batang, Selasa (5/3/2024).

Sementara itu, Kepala Bulog Cabang Batang, Samsu Rizal mengatakan, Bulog bersama Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) dalam waktu dekat merencanakan untuk menggelar Operasi Pasar Murah, untuk meringankan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan menjelang Ramadan.

“Ada 10 titik, satu titik di pendapa kabupaten dan sembilan lainnya di antaranya tersebar di Kecamatan Limpung, Bandar, Banyuputih, Tulis, Kandeman. Dengan jumlah 400 paket untuk tiap kecamatan ditambah beras satu ton,” jelasnya.

Salah satu warga, Lilis mengaku sangat terbantu dengan digelarnya pasar murah karena harga yang lebih murah di pasar tradisional.

“Degan harga Rp 85 ribu sudah dapat beras, gula sama minyak goreng. Telur cuma Rp 27 ribu lebih murah dibandingkan di pasar yang mencapai Rp 30 ribu dan beras Rp 15 ribu per kilogramnya,” ujar dia.

Nur Muktiadi