Pengumuman di Instagram dan foto Diaz Aminatul Abidin di sisi kanan. Foto: Dook SB.ID

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Wartawan Suarabaru.id Diaz Azminatul Abidin memenangi lomba jurnalistik Pegadaian Syariah Writing Competition bertema ‘Hidup Berkah Bersama Pegadaian Syariah’.

Pengumuman pemenang Pegadaian Syariah Writing Competition 2024 disampaikan melalui akun Instagram Pegadaian Syariah @pegadaiansyariahpusat pada 16 Februari 2024.

Sebelumnya Periode Pegadaian Syariah Writing Competition dimulai pada 18 Desember 2023 – 5 Januari 2024, dan kemudian diperpanjang hingga 20 Januari 2024.

Diaz wartawan Suarabaru.id menjadi juara kedua Pegadaian Syariah Writing Competition kali ini. Adapun untuk juara pertama ditempati Ammar Ramzy dari tvOnenews.com, serta Shodiqin dari Jatengnews.id.

Diaz mengirimkan setidaknya dua artikel dalam keikutsertaannya pada kompetisi yang diselenggarakan unit bisnis syariah dari Perusahaan Gadai BUMN tersebut.

Artikel pertama yang ditulisnya berjudul “Merekah Senyum Ibu, Kala Menjemput Berkah Dana Kebajikan Umat Pegadaian Syariah”.

Artikel itu mengulas tentang pemanfaatan Dana Kebajikan Umat (DKU) Pegadaian Syariah telah menyasar ragam aspek sosial di masyarakat.

DKU yang disalurkan Pegadaian Syariah itu tidak hanya untuk pemberdayaan ekonomi syariah, bahkan digaungkan untuk literasi kesehatan reproduksi wanita sebagai pondasi keluarga untuk cegah stunting.

Program literasi kesehatan reproduksi wanita yang menghadirkan seorang dokter sebagai pembicara itu bertempat di Aula PT Pegadaian (Persero) Kantor Wilayah XI Semarang, Jumat 29 Desember 2023.

Adapun artikel kedua yang ditulis Diaz masih seputar pemanfaatan Dana Kebajikan Umat (DKU) untuk pemberdayaan masyarakat di sektor ekonomi kerakyatan.

Tulisan yang diulas berjudul “Memanen Berkah Abon Lele Disabilitas Tangguh yang Melenggang ke Mancanegara”

Artikel ini menceritakan tentang potret M Imron (56) seorang penggerak di Yayasan Disabilitas Tangguh di Jalan Krajan 1 RT 2 RW 4, Rowosari Tengah, Kelurahan Rowosari, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang.

M Imron merupakan potret seorang penyandang disabilitas yang punya tekad baik berbagi kemanfaatan.

Melalui usaha budidaya ikan lele dan kemudian dijadikan produk Abon Lele Tangguh Roso yang akhirnya bisa dijual ke konsumen bahkan dari mancanegara.

Adapun peran Pegadaian Syariah melalui Kantor Cabang Majapahit Kantor Wilayah XI Semarang menyalurkan tanggung jawab sosial dengan mendampingi jalannya usaha. Misalnya membelikan mesin pembuat pakan alternatif, hingga bibit ikan.

Atas hasil dari penulisannya itu, Diaz merasa ingin terus mengembangkan kemampuan menulis. Diaz sendiri sejak Oktober 2023 lalu sudah meraih beberapa kemenangan dalam lomba penulisan seperti lomba yang diselenggerakan Pemprov Jateng bertema “embung”.

Diaz meraih juara pertama dengan hadiah uang tunai dan kursus singkat ke Fujian Tiongkok. Kemudian dalam lomba penulisan yang diselenggarakan Pertamina, Diaz juga meraih kejuaraan, dan yang terakhir dari Pegadaian Syariah ini.

“Alhamdulillah atas hasil ini. Pada intinya saya ingin terus bertumbuh, memperbaiki apa-apa yang masih kurang dalam menulis,” katanya, Senin 4 Maret 2024.

Pemimpin Redaksi Suarabaru.Id, R. Widiyartono menyampaikan selamat kepada Diaz, dan menyatakannya kebanggaannya.

“Semoga ini bisa diikuti wartawan yang lain. Sebagai wartawan setidaknya kita punya jejak prestasi yang tercatat, di antaranya menjadi juara lomba penulisan,” ujar wartawan senior yang pernah memenangi berbagai lomba penulisan seperti pariwisata dan kepolisian baik Tingkat regional maupu nasional.

Diaz Aza