Pelantikan pengurus Osis SMP Negeri 1 Wonosobo bersamaan dengan upacara bendera di sekolah setempat. Foto : SB/Muharno Zarka

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Ketua Osis SMP Negeri 1 Wonosobo Jawa Tengah, Narendra Adib Wicaksono Suwondo (15), bercita-cita ingin menjadi Presiden RI. Dia terpilih sebagai Ketua Osis pada Pemilihan Ketua Osis (Pilketos) pada Desember 2023 lalu.

Cita-cita tersebut diungkapkan siswa Kelas VIII A SMP Negeri 1 Wonosobo, pada wartawan usai dilakukan pelantikan Ketua dan pengurus Osis yang lain di sekolah setempat bersamaan upacara bendera, Senin (4/3/2024).

Pelantikan Ketua Osis sendiri dilakukan oleh Kepala SMP Negeri 1 Wonosobo, Kuwat, SPd MPd. Narendra dalam kepengurusan Osis didampingi Wakil Ketua Saif Ammar Refian Aditya Kelas VIII A dan pengurus Osis lainnya.

Kepala SMP Negeri 1 Wonosobo, Kuwat menyampaikan di tahun 2045 nanti, di mana Indonesia berusia 100 tahun kemerdekaan atau di tahun emas, pengurus Osis yang baru dilantik ada yang bisa menjadi Bupati/Walikota, Gubernur atau bahkan Presiden RI.

“Menjadi pengurus Osis bisa dijadikan sebagai momentum untuk berlatih jadi pemimpin masa depan yang baik. Selepas dari SMP dan masuk SMA/MA/SMK hingga kuliah, bisa diteruskan untuk tetap aktif di organisasi dengan tantangan yang lebih tinggi lagi,” tegasnya.

Tidak Mudah

Ketua Osis bersama Kepala SMP Negeri 1 Wonosobo, Kuwat, SPd MPd. Foto : SB/Muharno Zarka

Narendra Adib Wicaksono Suwondo yang merupakan putra sulung politisi PKB dan Ketua Komisi A DPRD Wonosobo, Suwondo Yudhistiro itu, menyebut menjadi pengurus Osis pastinya tidak mudah. Karena akan menghadapi berbagai tantangan dan rintangan yang ada.

“Tapi saya yakin dan hakul yakin semua tantangan rintangan, tantangan dan jalan yang berliku bisa dilalui bersama dengan baik. Sebab pengurus Osis itu akan memimpin diri sendiri dan teman-teman di sekolah yang jumlahnya tidak sedikit,” tegasnya.

Menurut Narendra, dengan adanya kolaborasi dengan guru, kerjasama dan gotong royong dengan sesama pengurus Osis, maka semua program kerja yang ada akan bisa dicapai sesuai target dan rencana yang telah ditetapkan.

“Saya sangat berterima kasih karena telah didukung teman-teman, diberi amanah, kesempatan dan kepercayaan untuk menjalankan roda organisasi Osis. Karena itu, saya juga butuh doa dari guru dan kerjasama yang baik dari teman-teman,” paparnya.

Melalui visi dan missi Osis yang ada, lanjut Narendra, pihaknya ingin mengembangkan jiwa kepemimpinan, kreatifitas, prestasi dan kepribadian yang luhur di lingkungan sekolah. Visi tersebut akan diwujudkan melalui kolaborasi siswa dan guru, rapat kerja Osis, Spensa Fest, Liga Futsal Osis hingga Spensa Qurban.

Muharno Zarka