blank
Perwakilan atlet-atlet Kejurnas Pencak Silat Cempaka Putih Piala Rektor Universitas Karya Husada (UNKAHA) Semarang tahun 2024, berfoto bersama usai menerima medali dan uang pembinaan di lantai 4 Kampus UNKAHA Semarang, Sabtu malam (02/03/2024). Foto : Dok

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Perolehan Medali Emas Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Pencak Silat Cempaka Putih (PSCP) Piala Rektor Universitas Karya Husada (UNKAHA) Semarang tahun 2024, didominasi tim pencak silat dari kawasanPantai Utara (Pantura) Jawa Tengah.

Kejurnas Pencak Silat Cempaka Putih, yang diselenggarakan di gedung lantai 4 Kampus UNKAHA mulai tanggal 01-03 Maret 2024, diikuti oleh 388 peserta dari 550 peserta yang ditargetkan, dengan kelompok usia dini (tingkat SD) hingga Dewasa (SMA), juara tiga besar didominasi oleh Kabupaten Jepara dan Kabupaten Pati di 4 kelompok usia.

Rektor UNKAHA Dr. Ns. Fery Agusman, MM, M.Kep, Sp.Kom kepada Wartawan mengatakan, kampus UNKAHA berkomitmen untuk memberikan dukungan kepada para atlet khususnya Pencak Silat, sebagai olahraga yang krusial di Semarang dan Jawa Tengah.

Wujud nyata, dukungan kampus UNKAHA kepada atlet-atlet pencak silat adalah dengan memberikan bea siswa penuh, kepada lima atlet pencak silat dari kota Semarang, bekerja sama dengan Dispora dan KONI

“Kami berharap, Kejurnas ini dapat menjadi pendorong transformasi kesehatan, melalui cabang olahraga serta menginspirasi generasi muda, untuk mencintai olahraga pencak silat yang memiliki nilai budaya,” terang Fery Agusman.

Dalam upaya mendukung transformasi kesehatan, lanjutnya, Kejurnas ini diharapkan dapat membangkitkan semangat olahraga, menjaga keberlanjutan budaya pencak silat dan memberikan kesempatan beasiswa sebagai nilai tambah, di tengah menurunnya minat olahraga, terutama yang terkait dengan budaya di kalangan anak muda.

Untuk juara umum di kelompok usia dini PSCP Kabupaten Jepara dengan 12 emas, 12 perak dan 4 perunggu, Juara 2 Kabupaten Banjarnegara dengan 5 emas, 2 perak dan 4 perunggu serta Juara 3 adalah Kabupaten Pati dengan 4 emas, 6 perak dan 5 perunggu.

Juara Umum kelompok usia Pra Remaja Juara Umum Kabupaten Pati memperoleh 18 emas, 13 perak, 27 perunggu kemudian Juara 2 PSCP Jepara

dengan 16 emas, 12 perak, 19 perunggu lalu Juara 3 Kabupaten Grobogan 2 emas dan e perak.

Juara Umum kelompok usia Remaja Kabupaten Pati memperoleh 10 emas, 11 perak, 7 perunggu, Juara 2 PSCP Jepara dengan 5 emas, 3 perak, 6 perunggu dan Juara 3 Kabupaten Grobogan hanya memperoleh 4 emas.

Sedangkan untuk Kelompok usia Dewasa, Juara Umum dipegang oleh Kabupaten Magetan Jawa Timur dengan perolehan 5 emas, 1 perak, 2 perunggu lalu Juara 2 Kabupaten Pati dengan 1 emas, 3 perak, 3 perunggu dan Juara 3 PSCS Jepara yang hanya memperoleh 1 emas dan 2 perak.

Absa