blank
Kapolres AKBP Andi M Indra Waspada Amirullah (kedua dari kiri) memasangkan atribut tanda operasi ke perwakilan dari Kodim 0728 Wonogiri.(Dok.Humas Polres Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Terhitung mulai Hari Senin (4/3) besok sampai Minggu (17/3) mendatang, institusi kepolisian menggelar Operasi Keselamatan Lalu Lintas serentak di Tanah Air. Di Jateng termasuk Wonogiri, operasi tersebut diberikan nama sandi Operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi 2024.

Setidak-tidaknya, ada 11 jenis pelanggaran yang menjadi sasaran Operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi 2024. Yakni meliputi berkendaraan sambil menggunakan telepon genggam, pengemudi di bawah umur, sepeda motor berboncengan lebih dari satu orang, berkendara dalam pengaruh alkohol, penggunaan helm tidak SNI, tidak menggunakan sabuk pengaman.

Juga terhadap pelanggaran lainnya adalah, yaitu melawan arus, melebihi batas kecepatan, kendaraan yang over dimension dan over loading, penggunaan knalpot tidak sesuai spesifikasi teknis, kendaraan menggunakan lampu isyarat (strobo) dan isyarat bunyi (sirine). Berikut kendaraan yang menggunakan plat nomor khusus atau rahasia.

Tujuan dilaksanakannya Operasi Keselamatan Lalu Lintas, untuk meningkatkan disiplin kepatuhan dalam berlalu lintas, menurunkan angka kecelakaan lalu lintas dan pelanggaran, serta fatalitas laka lantas.

Kasi Humas Polres Wonogiri, AKP Anom Prabowo, mengabarkan, untuk mengawali operasi tersebut, Polres Wonogiri melaksanakan apel gelar pasukan. Juga melakukan pencanangan aksi keselamatan di jalan. Kegiatan ini digelar di Alun-alun Giri Krida Bakti depan Kantor Bupati Wonogiri.

Kapolres Wonogiri AKBP Andi Muhammad Indra Waspada Amirullah, tampil menjadi Pemimpin Apel. Peserta apel terdiri atas pasukan dari personil Polres, para prajurit TNI dari Kodim 0728 Wonogiri, peleton Satpol-PP bersama Dinas Perhubungan (Dishub), peleton pelajar dan mahasiswa, serta komunitas kendaraan bermotor.

Idul Fitri

Hadir dalam apel tersebut, Wakil Bupati (Wabup) Setyo Sukarno, Wakapolres Kompol Heru Sanusi, Dandim 0728/Wonogiri Letkol (Inf) Edi Ristriyono bersama jajaran Forkopimda Kabupaten Wonogiri.

Operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi Tahun 2024 ini, mengambil tema “Keselamatan Berlalu Lintas Guna Terwujudnya Indonesia Maju.” Sebagai pemimpin apel, Kapolres membacakan amanat Kapolda Jateng. Disebutkan,Polri telah menetapkan kalender Operasi Keselamatan Lalu Lintas yang rutin dilaksanakan setiap tahun.

Kata Kapolres, Operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi Tahun 2024 ini, merupakan Operasi Cipta Kondisi Kamseltibcarlantas (Keamanan Keselamatan Ketertiban Kelancaran Lalulintas) yang kondusif menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 H Tahun 2024.

Operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi Tahun 2024 yang dilaksanakan selama 14 hari ini, melibatkan 87 personel jajaran Polres Wonogiri dengan dukungan perkuatan dari personil TNI, Dishub, serta instansi terkait lainnya.

Peserta apel mengucapkan ikrar keselamatan. Isinya, setia kepada Pancadila/UUD 1945 dan siap menjaga keutuhan NKRI, saling menghargai dan menghormati hak pengguna jalan sesuai amanat undang-undang lalu lintas No 2 Th 2009, Bersama Polri ikut memberikan sosialisasi edukasi dan partisipasi untuk mewujudkan lalu lintas aman tertib dan berkeselamatan.

Kapolres berkenan memasangkan atribut tanda operasi ke perwakilan dari Polres, Kodim, Dishub dan Satpol-PP. Bersama Wakil Bupati, Dandim dan jajaran Forkompimda dan Kepala Dinas Instansi, melakukan pemeriksaan sarana prasarana (Sarpras) yang akan digunakan untuk mendukung Operasi Keselamatan Candi Tahun 2024.
Bambang Pur