blank
Irjen Kemenkumham, Razilu saat berkunjung di Rupbasan Sragen. Foto: Dok/Humas (29/2/2024)

SRAGEN (SUARABARU.ID) – Rupbasan Kelas II Sragen mendapatkan dukungan penuh dari Inspektur Jenderal (Irjen) Kemenkumham, Razilu dalam pembangunan Zona Integritas untuk meraih predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK).

“Tadi sudah diberikan penjelasan oleh Plt. Rupbasan Sragen dan sudah ada perubahan yang dilakukan dalam upaya menuju WBK di 2024,” tutur Razilu memberikan testimoni usai mengunjungi Rupbasan Sragen, Kamis (29/2/2024).

“Saya selaku Inspektur Jenderal Kementerian Hukum dan HAM mendukung penuh Rupbasan Sragen untuk maju WBK tahun 2024,” lanjutnya.

Dukungan Irjen kepada Rupbasan Sragen bukan tanpa sebab. Berdasarkan hasil monitoringnya, Irjen melihat banyak perubahan.

Dalam kunjungan yang didampingi Plt. Kepala Rupbasan Sragen, Saiful Buchori, Razilu mengapresiasi semangat perubahan yang terimplementasi melalui sikap petugas yang lebih ramah, adanya duta layanan, kantor yang lebih bersih serta komitmen integritas yang tersaji dalam banner-banner pembangunan Zona Integritas.

“Kayanya Rupbasan Sragen bisa menangani ini,” kata Razilu kepada Plt. Rupbasan Sragen.

Sepanjang inspeksi, mantan Kepala Divisi Administrasi Kemenkumham Jateng itu banyak menanyakan tentang kondisi bangunan Rupbasan Sragen yang termasuk cagar budaya.

Diketahui, bangunan gedung Rupbasan Sragen merupakan bekas Lapas Sragen peninggalan kolonial Belanda. Irjen juga banyak bertanya terkait status Barang Sitaan dan Barang Rampasan yang dititipkan di Rupbasan Sragen.

Razilu berpesan agar barang-barang tersebut dikelola, dijaga dan dirawat dengan baik. “Jangan disalahgunakan ya. Jangan sampai ada cerita viral, karena barang-barang digunakan oleh pegawai,” ujarnya.

Razilu merekomendasikan agar Rupbasan Sragen bisa menemukan cara agar penitipan Barang Rampasan dan Barang Sitaan bisa mendapatkan Penghasilan Negara Bukan Pajak (PNBP).

Ning S