Mahasiswa KKN Upgris saat akan tebar ikan

JEPARA (SUARABARU.ID) – Mahasiswa KKN Upgris melaksanakan penebaran 1.000 benih ikan nila di Embung Mbeyan Desa Semat. Kegiatan tersebut dalam rangka program kerja mahasiswa KKN Upgris bersama Kepala Desa Semat dan didampingi oleh Ketua Karang Taruna, Selasa (27/02).

Kades bersama mahasiswa Upgris

Adapun 1.000 benih ikan nila tersebut secara resmi dilepas oleh Ali Suwarno selaku Kepala Desa Semat. Tabur benih sendiri merupakan program kerja KKN Upgris sebagai pemanfaatan lahan area di Embung Mbeyan, salah satunya dengan budidaya ikan air tawar. Sebab air dan suhu di wilayah tersebut cocok untuk membudidayakan ikan air tawar termasuk ikan nila.

Karenanya mahasiswa KKN Upgris mengharapkan lewat bantuan benih ikan ini dapat dikelola dengan baik dalam mensejahterakan perekonomian di sektor perikanan.

Penyerahan bibit ikan nila dari mahasiswa Upgris

“Pada intinya kegiatan ini merupakan bagian dari program kerja kami mahasiswa KKN Upgris yang nantinya dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar, serta masyarakat dapat menikmati hasil dari kegiatan tabur benih ini.” ujar ketua kelompok 17 KKN Upgris, Muhammad Yunanta Safa Fadhila

Kades Ali Sumarno bersama mahasiswa Upgris

Setelah melaksanakan kegiatan tersebut Kepala Desa Semat Ali Suwarno memberikan pengarahan kepada warga agar memperhatikan kebersihan dan saluran pembuangan di embung agar tetap terjaga kelestariannya.

Ia juga mengungkapkan, selain melestarikan alam, ikan juga penting sekali bagi anak-anak untuk tumbuh kembang. Harapannya kalau sudah besar ikannya bisa dikonsumsi oleh anak-anak dan masyarakat sekitar sini

Hadepe – Retnoasih PA – Kharisma SW