Kelompok 30 KKN Tematik Universitas Sebelas Maret Surakarta Membangun Desa berfoto bersama setelah acara pesta rakyat bertajuk Kebangsaan dan Cinta Tanah Air/dok

(SUARABARU.ID) – Kelompok 30 Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) Membangun Desa menggelar acara pesta rakyat bertajuk Kebangsaan dan Cinta Tanah Air.

Kegiatan ini berlangsung selama Januari hingga Februari 2024 dengan dukungan penuh dari Kelurahan Keprabon, Kecamatan Banjarsari, Surakarta.

Kelompok 30 terdiri atas Anisa Sabrina Purnama (FISIP/Ketua), Nabiil Muchyar Pradipta (FISIP/Sekretaris), Dhika Fadhlan Aulia (FISIP/Humas), Sinta Harlinda Sari (FISIP/Humas), Ibnu Alwan (FIB/Bendahara), Mufid Dzakwan Armansyah (FIB/Bendahara), Diajeng Derissyifa Salvia (FT/Media), dan Raja Muhammad Wildan Johan Sihombing (FIB/Media).

Dhika Fadhlan Aulia menuturkan, melalui acara ini Kelompok 30 berusaha untuk mengenalkan, memamerkan, dan mengembangkan potensi kuliner dan wisata di Kampung Wisata Ngarsoprojo.

Kampung Wisata Ngarsoprojo merupakan Kampung Wisata yang baru diresmikan pada 10 Januari 2024, dan terletak di belakang Pasar Triwindu.

’’Kami dari mahasiswa KKN Kelompok 30 tergerak untuk mengembangkan potensi baru yang dimiliki oleh Ngarsoprojo dan juga Keprabon,’’ ujar Dhika, Kamis (29/2/2024).

Dalam acara pesta rakyat, terdapat dua penampilan kebudayaan yang dibawakan oleh mahasiswa Universitas Sebelas Maret dan Kelompok Karawitan Ngudi Laras.

Pertama, penampilan teater monolog dari Teater OASE yang memiliki cerita seorang pribumi yang mengkhianati bangsanya sendiri dengan bergabung dalam kolonialisme, tapi dia kemudian dikhianati oleh orang-orang Belanda dan dibuang begitu saja.

Penampilan kedua menghadirkan Kethoprak dan Karawitan Ngudi Laras yang membawakan cerita seorang anak laki-laki yang mengikuti jejak ayahnya untuk berperang melawan penjajah, meninggalkan ibu, dan adik perempuannya.

Bukan hanya penampilan kebudayaan saja, kuliner keprabon pun ikut serta meramaikan kemeriahan pesta rakyat.

Tercatat 12 stand (Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) kuliner Keprabon, dengan beragam pilihan makanan dan minuman yang ditawarkan, seperti wedang ronde dan asle, gudeg, tengkleng, nasi liwet, dan masih banyak lagi.
Dengan keberhasilan acara pesta rakyat Kebangsaan dan Cinta Tanah Air ini, diharapkan semakin banyak orang yang tertarik untuk berkunjung dan menikmati pesona Kampung Wisata Ngarsoprojo.

Selain itu, semangat kebersamaan dan rasa cinta tanah air yang terpancar dari acara ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi masyarakat luas untuk terus menjaga dan mengembangkan potensi-potensi yang ada di Indonesia tercinta.

Kelompok 30 KKN di bawah bimbingan dosen Nidyah Widyamurti, SSn, MIkom.

mm