Kemenkumham Jateng gelar optimalisasi pengelolaan administrasi kepegawaian dan kearsiapan. Foto: Dok/Humas (28/2/2024)

SURAKARTA (SUARABARU.ID) – Memastikan pengelolaan kepegawaian dan kearsipan diterapkan secara konsisten, transparan, dan akuntabel dalam rangka menuju tata kelola pemerintahan yang efektif dan efisien, Kanwil Kemenkumham Jateng menggelar Optimalisasi Pengelolaan Administrasi Kepegawaian dan Kearsipan di Harris Hotel & Conventions Solo, Rabu (28/2/2024).

Hadir secara langsung Inspektur Wilayah IV, Bambang Setyabudi, Kepala Divisi Administrasi, Hajrianor didampingi Kepala Bagian Umum, Anton Tri Oktabiono dan Kepala Bagian Program dan Humas, Toni Sugiarto beserta Kepala Sub Bagian Kepegawaian, Tata Usaha dan Rumah Tangga, Meivita Dewi Widyastuti.

Kadivmin menegaskan, pengelolaan administrasi kepegawaian menjadi pondasi yang mendukung kesejahteraan, produktivitas, dan efisiensi organisasi.

“Pentingnya pengelolaan administrasi kepegawaian terletak pada upaya untuk memastikan bahwa kebijakan dan prosedur terkait kepegawaian diterapkan secara konsisten, transparan, dan akuntabel,” ujar Hajrianor.

“Hal ini untuk mendukung pencapaian tujuan organisasi, meningkatkan kinerja pegawai, serta memberikan pelayanan publik yang optimal kepada masyarakat,” sambungnya.

Ia juga menyinggung terkait kearsipan yang bukan hanya sekedar tugas administratif, melainkan suatu kewajiban untuk memastikan kelangsungan dan keberlanjutan organisasi.

“Kearsipan yang teratur dan terkendali membantu kita untuk mengambil keputusan yang lebih baik, meningkatkan akuntabilitas, dan memenuhi kewajiban hukum. Mari kita tingkatkan kesadaran akan pentingnya kearsipan sebagai bagian integral dari tata kelola organisasi yang baik,” lanjutnya.

Sebelumnya, Kepala Bagian Umum, Anton Tri Oktabiono menyampaikan, kegiatan dengan menerangkan beberapa aspek keberhasilan pengelolaan Administrasi Kepegawaian dan Kearsipan adalah penegakan disiplin dan penanganan masalah kedisiplinan pegawai, program pengembangan karier melalui manajemen talenta, Sistem evaluasi atau penilaian kinerja melalui E-Kinerja, Pemutakhiran Data Kepegawaian melalui SIAP dan Pengelolaan kearsipan melalui (E-arsip).

Hadir sebagai narasumber, Inspektur Wilayah IV, Bambang Setyabudi dan secara virtual Kepala Kantor Regional I Badan Kepegawaian Negara Yogyakarta, Paulus Dwi Laksono serta Perwakilan dari Biro SDM Setjen Kemenkumham RI dan Biro Umum Setjen Kemenkumham RI.

Ning S