blank
Kapolresta Surakarta, Kombes Pol Iwan Saktiadi saat memimpin apel pengamanan BRI Liga 1. Foto: Dok/Humas (27/2/2024)

SURAKARTA (SUARABARU.ID) – Ratusan personel gabungan diterjunkan dalam pengamanan pertandingan kompetisi Liga 1 yang mempertemukan PSS Sleman vs Persita Tangerang di Stadion Manahan Solo, Selasa (27/2/2024) sore.

Kegiatan pengamanan dimulai pada Selasa 27 Februari 2024 pukul 11.00 WIB di halaman parkir Stadion Manahan Surakarta.

Kapolresta Surakarta, Kombes Pol Iwan Saktiadi mengatakan, dalam pengamanan pihaknya menerjunkan 500 personel gabungan TNI-Polri, Satpol PP dan Dishub Kota Surakarta.

“Sebanyak 7000 tiket diperuntukan suporter Sleman yang nanti tempatnya di tribun timur, Para suporter akan dikawal secara estafet dari Polres Sleman. Dalam pengamanan ini kita terjunkan 500 personel,” ujarnya.

Iwan menambahkan, teknis pengamanan menerapkan mekanisme yang ditetapkan PSSI. “Untuk teknis pengamanan ring 1 atau dalam tribun penonton dilaksanakan oleh Steward, sedangkan aparat gabungan berada di ring 2 dan ring 3, sembari melihat perkembangan situasi,” jelas Iwan.

Dikatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Polres jajaran yang wilayahnya dilalui suporter untuk mengamankan jalur yang dilewati. Pihaknya juga menekankan anggota yang melakukan pengamanan tidak membawa senpi.

“Dilaksanakan pengecekan personel pengamanan terbuka (Pamka) dan pengamanan tertutup (Pamtup) tidak ditemukan personel yang membawa senpi. Setelah apel ini kita akan laksanakan Tactical Floor Game,” imbuhnya.

Sementara itu Kabidhumas Polda Jateng, Kombespol Satake Bayu mengimbau supporter untuk ikut menjaga kamtibmas dan kamseltibcar lantas. Pihaknya meminta penonton dan suporter tidak membawa benda terlarang masuk ke dalam stadion.

“Kepada suporter yang menonton pertandingan agar membeli tiket resmi bukan dari calo. Mari kita jaga sportifitas baik di lapangan maupun diluar lapangan, dengan tetap menjaga keamanan dan ketertiban,” tandasnya.

Ning S