blank
Prajurit Yonzipur 4/TK, lakukan pembersihan dampak banjir Demak. Foto: Dok/Pendam

DEMAK (SUARABARU.ID) – Yonzipur 4/TK yang bermarkas di Banyubiru, Semarang berhasil melakukan penanggulangan banjir. Pihaknya bekerja sama dengan instansi terkait, untuk menutup beberapa tanggul sungai yang jebol hingga mengakibatkan banjir di 10 kecamatan di Demak dan mengakibatkan lebih dari 21.000 warga mengungsi di 59 posko pengungsian, Minggu (25/2/2024).

Setelah melakukan kunjungan di wilayah terdampak, Pangdam IV/Diponegoro yang saat ini ditunjuk Wakasad, Mayjen TNI Tandyo Budi R., S.Sos melihat kebutuhan percepatan pembersihan sisa banjir agar warga terdampak bisa segera beraktifitas seperti sedia kala.

Selanjutnya Pangdam IV/Diponegoro memerintahkan untuk mengirimkan alat-alat berat Yonzipur 4/TK berupa 1 Loader dan 4 dumptruck untuk segera membantu pembersihan wilayah yang terdampak banjir. Perintah ini langsung ditindaklanjuti oleh Danyonzipur 4/TK, Mayor Czi Deka Ary Wijanarko, yang segera mengirimkan alat berat yang dimaksud sehingga dapat beroperasional mulai hari Minggu, 25 Februari 2024.

Danyonzipur 4/TK menyatakan siap membantu warga yang terdampak banjir. “Kami siap membantu warga yang membutuhkan bantuan dalam penanganan banjir ini. Semoga dengan operasi penanganan banjir ini, warga dapat segera pulih dari dampak bencana banjir,” ujar Mayor Czi Deka Ary Wijanarko.

Warga setempat merasa senang dengan adanya bantuan dari Kodam IV/Diponegoro. Mereka berharap bantuan ini dapat membantu mempercepat proses pemulihan pasca banjir.

Operasi penanganan banjir ini akan terus dilakukan Yonzipur 4 Kodam IV/Diponegoro selama masih diperlukan. Mereka juga terus melakukan koordinasi dengan pihak terkait untuk membantu warga yang terdampak banjir.

Ning S