blank
Tim robotik USM saat menggerak robot transporter dalam lomba PRC. Foto: dok/usm

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Unit Kegiatan Mahasiswa Robotic Center Semarang University Universitas Semarang (UKM Rocsu USM), mengikuti Lomba Polines Robot Contest (PRC), yang diselenggarakan Politeknik Negeri Semarang, di Wisma Perdamaian, Semarang, baru-baru ini.

Kegiatan diikuti 57 tim, yang terdiri dari pelajar dan mahasiswa dari berbagai daerah. Rocsu USM mengirimkan tiga tim, yaitu Rocsu-one, Rocsu-x, Rocsu-maveric.

Pembina UKM Rocsu USM, Dr Andi Kurniawan Nugroho ST MT mengatakan, PRC 2024 melombakan robot transporter, dimana robot bertugas memindahkan kotak dadu dari rak, menuju drop zone yang sudah ditentukan.

BACA JUGA: Seorang Pelajar di Grobogan Diamankan Polisi, Ketahuan Menyeret Celurit di Jalan Raya

blank
Tiga tim robotik USM, ikut dalam lomba Polines Robot Contest. Foto: dok/usm

Robot transporter dikendalikan secara nirkabel melalui joki, terdiri dari tiga pemain. Pemain pertama bertugas menjadi joki, pemain kedua bertugas sebagai komunikan. Sedangkan pemain ketiga bertugas sebagai retrying.

”Permainan strategi dalam pertandingan serta kelincahan robot dalam memindahkan benda, adalah kunci untuk memenangkan pertandingan,” katanya.

Dia juga menyebutkan, tujuan lomba robot transporter adalah, menumbuhkan kreativitas pelajar dan mahasiswa, dalam merancang dan mengimplementasikannya di bidang robotika.

BACA JUGA: Pangdam IV/Diponegoro Melakukan Kunker ke Paranggupito Wonogiri

Selain itu juga, mendorong pengaplikasian teknologi robotika dalam situasi dunia nyata.

”Karena robot transporter ini dapat diimplementasikan di industri, gudang, dan rumah tangga. Kami berharap, ke depan lomba transporter dilaksanana tiap tahun,” ujarnya.

Riyan